semarang- rumah123.com Lawang Sewu Adalah Salah Satu Ikon Wisata di Semarang, Jawa Tengah. Semarang Terpilih Menjadi Salah Satu Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara. Seperti Apa Potensi Investasi Properti di Kota Ini? (Foto: Rumah123/Semarangkota.go.id)

Semarang terpilih menjadi salah satu kota wisata terbersih di Asia Tenggara. Seperti apa potensi properti sewa di ibu kota Jawa Tengah ini?

Kota Semarang dinobatkan menjadi salah satu Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara. ASEAN Tourist Forum (ATF) memberikan penghargaan ini kepada Semarang untuk kategori ASEAN Clean Tourist City Standard.

ATF merupakan sebuah forum berisi 10 negara ASEAN (Association of South East Asia Nations) yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, Vietnam, Brunei Darussalam, Myanmar, dan Laos.

Baca juga: Akan Memiliki 5 Tol Baru, Investasi di Yogyakarta-Semarang-Solo Semakin Menarik

Penghargaan ini diberikan oleh ATF dalam sebuah acara yang diselenggarakan di Brunei Darussalam pada Kamis (16/1/2020). Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo yang memberikan penghargaan ini kepada perwakilan Pemerintah Kota Semarang.

Laman berita online Kompas.com melansir bahwa predikat Kota Wisata Terbersih di Asia Tenggara ini akan dimiliki oleh Semarang selama dua tahun mendatang, dari 2020 hingga 2022.

Selain Semarang, ada sejumlah kota-kota lain di Asia Tenggara yang memperoleh penghargaan serupa. Situs berita online Kumparan.com menyitir kota-kota tersebut adalah Vung Tau, Quy Nhon, dan Hue yang berada di Vietnam.

Semarang, Salah Satu Destinasi Wisata di Indonesia

Penghargaan ini tentunya semakin meneguhkan Semarang sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia dan juga Asia Tenggara. Pada tahun-tahun sebelumnya, Semarang sempat masuk nominasi, namun tidak bisa meraih penghargaan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Semarang, Indriyasa menyatakan jumlah target kunjungan wisatawan pada 2019 sebesar 7,2 juta orang bisa tercapai. Setelah meraih penghargaan, Pemkot Semarang berharap bisa menaikkan jumlah kunjungan wisatawan.

Semarang memiliki sejumlah bangunan ikonik yang menjadi destinasi wisata seperti Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Masjid Agung, Klenteng Sam Poo Kong, Kota Lama, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Yuk, Investasi Properti di Semarang!

Belum lagi sejumlah makanan tradisional yang menarik perhatian wisatawan seperti lumpia, tahu gimbal, soto bangkong, nasi gandul, dan lainnya.

Semarang memang sempat menjadi kota transit, apalagi saat musim mudik lebaran dan liburan. Namun, saat ini sudah berubah. Semarang sudah menjadi salah satu destinasi wisata.

Melirik Potensi Investasi Properti di Semarang

Semarang juga dikenal sebagai kota pendidikan. Ada sejumlah perguruan tinggi terkemuka di kota ini seperti Universitas Diponegoro, Universitas Katholik Soegijapranata, Universitas Negeri Semarang, dan lainnya.

Potensi investasi properti di Semarang tentunya terkait dengan properti sewa seperti rumah kos, apartemen, rumah, hingga ruko dan kios. Mahasiswa/mahasiswi akan memilih tinggal di rumah kos atau apartemen. Sementara wisatawan memiliki pilihan untuk menginap di hotel, vila, apartemen, rumah, dan lainnya.

Sebagai kota destinasi wisata, bisnis oleh-oleh, kuliner, dan lainnya tentunya tidak kalah menjanjikan. Apalagi Semarang berada di tengah antara Jakarta dengan Surabaya.

Baca juga: Kota Tua Bukan Cuma di Jakarta Lho! Di Semarang Juga Ada

Potensi investasi properti sewa di kota pendidikan sebenarnya bagus karena penyewa potensial memang banyak. Mahasiswa/mahasiswi akan menyewa selama mereka masih menyelesaikan pendidikan.

Sementara untuk potensi investasi properti yang melirik wisatawan tentunya lebih menarik adalah properti komersial seperti ruko, toko, atau kios. Properti komersial ini bisa disewakan untuk toko cinderamata, restoran, dan lainnya.

Bagikan:
1528 kali