Biro Arsitek India, Nudes Mendesain Sebuah Kedai Kopi Atau Cafe dengan Interior yang Memanfaatkan Kardus. Cafe ini Berada di Mumbai, India (Foto: Rumah123/Designboom)

Cafe di Mumbai, India ini mengaplikasikan material yang 100 persen dapat didaur ulang dan dapat terurai. Arsitek menggunakan kardus untuk interior kedai kopi ini.

Biro arsitek asal India, Nudes mendesain sebuah cafe seluas 152 meter persegi di distrik bisnis Mumbai. Nuru Karim selaku founder dan principal Nudes memilih material kardus untuk seluruh interior.

Nudes tidak hanya mengaplikasikan material kardus pada furnitur seperti meja dan kursi, lampu, serta lainnya. Arsitek memilih kardus lantaran material ini serba bisa, dapat didaur ulang, serta bisa terurai.

Baca juga: Rumah Keren Ini Dibuat Dari 31 Peti Kemas

Sebelumnya, arsitek telah menguji coba material kardus ini. Material ini diuji terkait kelembaban, tahan air, dan turun naiknya suhu.

Bagian atas kardus dilapisi dengan cairan lilin. Arsitek ingin material ini tidak menyerap air dan mudah dalam perawatan. Penggunaan material kardus ini memang dipilih karena ringan dan tahan lama.

Arsitek membuat kardus ini dalam pola dan tekstur tertentu dengan memotongnya dalam beragam bentuk geometri. Hasilnya memang keren banget kan?

Baca juga: Pasti Ga Percaya Kalau Seluruh Gedung Ini Terbuat dari Kayu

Lantaran interior menggunakan kardus yang berwarna coklat, arsitek menyelaraskan dengan warna lantai dan lainnya yang berwarna senada.

Sementara pada beberapa bagian, Nudes membiarkannya terbuka atau terekspos. Salah satunya bagian plafon sehingga bernuansa gaya industrial.

Wow, nggak nyangka kan kalau kardus bisa dimanfaatkan menjadi furnitur. Kamu tertarik untuk membuatnya juga nggak?

Baca juga: Co-Working Space Plus Cafe, Kamu Mau Kerja Di Sini?

Arsitek Melapisi Kardus dengan Lilin Sehingga Tahan Air dan Mudah dalam Perawatan (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 974 kali