Blond beautiful blogger kissing for selfie against pink Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Selfie atau swapotret alias swafoto menjadi trend kekinian yang mewabah di dunia. Siapa sih yang tidak mengambil potret dirinya saat ini?

Apalagi ditambah dengan beragam aplikasi media sosial yang ada. Setelah selfie, foto ini pun menjadi viral setelah diunggah ke media sosial seperti Facebook, Twitter, Path, Instagram, dan lainnya.

Baca juga: Penting! Menjaga Kelestarian Bangunan Cagar Budaya

Trend untuk berfoto di tempat-tempat menarik ini sebenarnya bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari pelestarian bangunan cagar budaya.

Orang biasanya suka berfoto di tempat yang unik dan menarik. Bangunan tua pun sebenarnya seperti itu, unik dan menarik karena berapa banyak bangunan saat ini yang bergaya kolonial atau art deco?

Baca juga: Wah, Ini Nih Pentingnya Revitalisasi dan Restorasi Bangunan Tua

Selain itu, pemanfaatan bangunan tua pun bisa dilakukan dengan mengalihfungsikan menjadi kantor, cafe, dan lainnya.

“Belakangan trend-nya bangunan tua itu menarik, bisa dijadikan mall, restoran. Lebih keren dari bangunan baru. Jadi ada kesadaran baru. Secara ekonomi, secara gaya hidup (kesadaran reservasi bangunan tua),” ujar Muhammad Thamrin kepada Rumah123 saat ditemui di Gedung Olveh, Jakarta Barat pada Kamis (24/11).

Baca juga: Muhammad Thamrin, Arsitek yang Selektif Memilih Klien

Thamrin terpilih menjadi salah satu dari tiga talenta kretif dalam acara Olveh Flagship. Thamrin menjadi talenta kreatif di bidang arsitektur. Pameran ketiga talenta kreatif ini juga diselenggarakan di Gedung Olveh hingga 10 Januari 2017.

“Ada kecenderungan selfie-nomics, orang suka selfie. Bangunan tua itu secara visual lebih menarik, karena unik, karena langka. Orang mau berfoto di situ, kemudian viral,” lanjut Thamrin.

Baca juga: Bangunan Tua Itu Sebenarnya Punya Banyak Cerita Lho

Cara pendekatan inilah yang bisa dilakukan untuk menggaet kaum muda untuk mau menjaga kelestarian bangunan cagar budaya.

Masyarakat akan menjaga bangunan tua yang punya potensi ekonomi. Biasanya memang terjadi tarik menarik kepentingan ekonomi mengenai bangunan tua.

Baca juga: Kesadaran Jaga Bangunan Tua Sudah Ada, Tetapi Implementasi Masih Kurang

Kalau ada potensi ekonomi dari sebuah bangunan tua maka masyarakat akan semakin sadar untuk menjaga bangunan ini.

Adanya bangunan tua yang menarik ini membuat orang-orang datang ke tempat itu untuk berfoto. Tentunya ada manfaat ekonomi yang bisa didapatkan masyarakat sekitar.

Bagikan: 1444 kali