kereta bandara stasiun manggarai- rumah123.com Ilustrasi Penumpang Kereta. Kementerian Perhubungan Membuka Secara Resmi Pengoperasian Stasiun Manggarai Sebagai Stasiun Menuju Bandara Soekarno Hatta. Selama Oktober 2019, Penumpang Bisa Membayar Tarif Promo Sebesar Rp40 Ribu (Foto: Rumah123/Getty Images)

Kereta Bandara Soekarno Hatta resmi beroperasi dari Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Selama Oktober 2019, operator memberlakukan tarif promo.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meresmikan beroperasinya secara perdana penggunaan Stasiun Manggarai sebagai salah satu titik pemberangkatan kereta bandara menuju Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

Budi meresmikannya pada Sabtu (5/10/2019). Operator kereta bandara PT Railink juga memberlakukan tiket promo dari Stasiun Manggarai menuju Stasiun Soekarno Hatta.

Baca juga: Oktober 2019, Penumpang Bisa Naik Turun Kereta Bandara Soekarno Hatta di Stasiun Manggarai

Penumpang hanya perlu membayar Rp40.000. Tarif ini merupakan harga promo yang hanya berlaku hingga akhir Oktober 2019. Situs berita online Detik.com mengutip pernyataan Humas Railink Diah Suryandari mengenai hal ini.

Diah menyatakan harga tiket setelah masa promo belum ditentukan. Bagi kamu yang berencana menuju Bandara Soekarno Hatta dari Stasiun Manggarai, kamu bisa memanfaatkan promo ini.

Setelah diresmikan, manajemen PT Railink memberikan promo gratis kepada 100 penumpang pertama yang ingin mencoba menaiki kereta bandara ini.

Jadwal Kereta Bandara Soekarno Hatta Dari Stasiun Manggarai

Kereta bandara yang beroperasi dari Stasiun Manggarai berangkat setiap 30 menit sekali. Kereta pertama berangkat setiap harinya pada pukul 05.10 WIB (Waktu Indonesia Barat) dan berangkat paling akhir pada pukul 21.40 WIB.

Sementara kereta yang berangkat dari Stasiun Soekarno Hatta menuju Stasiun Manggarai terakhir kali berangkat pada pukul 06.20 WIB. Kereta terakhir berangkat pada pukul 23.20 WIB.

Sekedar informasi, pintu masuk menuju Stasiun Kereta Bandara yang ada di Stasiun Manggarai ini dipisahkan antara pintu masuk menuju KRL (Kereta Rel Listrik) Commuter Line dan juga Kereta Api Jarak Jauh. Para penumpang kereta bandara bisa lebih nyaman.

Baca juga: Kereta Bandara Solo Akan Beroperasi Pada Oktober 2019

Pintu masuk Stasiun Kereta Bandara berada di sisi barat akses utama, persisnya di Jalan Saharjo I. Jalan ini berada di samping jembatan kereta yang menuju arah Pasaraya Manggarai.

Pengoperasian Stasiun Manggarai Diharapkan Tingkatkan Jumlah Penumpang Kereta Bandara

Menteri Perhubungan berharap dengan pengoperasian Stasiun Manggarai dapat mendorong naiknya jumlah keterisian atau okupansi moda transportasi ini.

Selama ini tingkat keterisian kereta bandara baru sekitar 35 persen. Dengan beroperasinya Stasiun Manggarai, diharapkan okupansi naik 15 persen menjadi 50 persen.

Budi menyatakan tingkat okupansi hanya berkisar antara 30-35 persen, paling tinggi 35 persen. Detik.com melansir bahwa pada Juli 2019, tingkat keterisian Kereta Bandara Soekarno Hatta hanya 4.000 sampai 4.400 penumpang per hari atau hanya sekitar 13 persen dari jumlah kapasitas yang ada.

Baca juga: Kereta Bandara Rute Stasiun Bekasi-Bandara Soetta Tidak Lagi Beroperasi

Satu rangkaian Kereta Bandara Soekarno Hatta memiliki enam gerbong. Setiap rangkaian bisa mengangkut 272 penumpang.

Budi menyatakan untuk meningkatkan jumlah okupansi sebenarnya adalah mempercepat waktu tempuh dari stasiun menuju bandara dan juga memangkas jarak antar kereta (headway).

Dengan begitu, penumpang bisa melirik kereta bandara sebagai moda transportasi menuju bandara. Selama ini, orang menuju bandara menggunakan kendaraan pribadi atau bus.

Baca juga: Kereta Bandara Yogyakarta Sudah Beroperasi, Buat yang Mudik Jangan Lupa Naik

Bagikan: 1091 kali