Ilustrasi (Rumah123/Apartment Therapy)

Selain pencurian, kebakaran menjadi insiden yang terjadi saat orang meninggalkan rumah dalam durasi cukup lama. Kenapa bisa demikian?

Pencuri atau maling sudah pintar untuk mengetahui kalau rumah ini tidak ada penghuninya. Sementara kebakaran sering terjadi karena pemilik rumah lupa mencabut kabel listrik pada pemanas atau terjadi korsleting.

Baca juga: Mau Ngebut Pakai Tesla Roadster? Awas, Nabrak Tiang Listrik

Ketika kamu memutuskan mudik atau pergi berlibur pada liburan panjang Idul Fitri 1439 Hijriah, ada beberapa hal yang kamu perhatikan. Ada hal preventif agar rumah kamu terjadi dari insiden kebakaran.

Kamu nggak mau kan kalau kembali dari mudik Lebaran atau berlibur, rumah kamu sudah hangus. Atau ketika sedang tidak berada di rumah, eh kamu ditelepon kalau rumah kamu terbakar.

Baca juga: Mau Beli Mobil Listrik Uniti? Truz Kamu Mau Parkir di Rumah yang Mana?

Pertama, cabut semua peralatan listrik. Kamu harus membiasakan diri mencabut semua peralatan yang terhubung dengan listrik.

Televisi, smartphone, radio, komputer, dekoder, laptop, dispender, mesin air, kipas angin, dan lainnya. Lakukan tindakan pencegahan sejak dini. Namun, ada juga yang memilih tidak mematikan lemari es atau kulkas karena tidak mungkin mengosongkannya.

Baca juga: Semua Bus Listrik, Baru Namanya Ramah Lingkungan!

Kedua, periksa semua kabel listrik. Cari tukang listrik untuk memeriksa kabel listrik secara berkala. Sudah tentu untuk pencegahan.

Ketiga, periksa lampu terutama lampu teras, beranda, atau depan garasi. Lampu-lampu ini harus berfungsi dengan baik saat kamu pergi mudik atau liburan.

Baca juga: Mobil Listrik Tanpa Sopir Jadi Kendaraan Masa Depan, Rumah Masa Depannya Mana?

Poin pertama memang harus dilakukan. Jadi sebisa mungkin tidak ada peralatan listrik yang tersambung. Kecuali memang ada yang mengecek rumah secara berkala.

Bagikan: 356 kali