Hampir setiap jenis masakan, pasti membutuhkan garam sebagai bumbu utama. Bukan hanya sebagai penyedap rasa, kandungan mineral pada garam juga bermanfaat untuk kesehatan. Mulai dari menyeimbangkan gula darah, memperkuat tulang, memperlancar metabolisme, hingga memperkuat sistem kekebalan tubuh. Gak heran, persediaan garam pasti ada di dapur setiap rumah. 

Namun ternyata, garam tak hanya bermanfaat untuk dikonsumsi lho, tapi juga untuk membersihkan rumah hingga untuk kecantikan. Apa saja manfaat garam tersebut? Berikut daftarnya!

Membuat bunga menjadi lebih tahan lama

Garam berfungsi untuk mengawetkan bunga supaya lebih tahan lama. Caranya gampang, buat larutan campuran air dingin dengan garam di dalam vas bunga. Potong bagian batang, dan celupkan ke dalam larutan tersebut. Senyawa yang terkandung pada garam mampu membuat bunga tetap segar. Sehingga bunga dari orang-orang tercinta bisa lebih tahan lama. 

Mengembalikan bentuk spons cuci piring 

Spons cuci piring yang telah digunakan dalam waktu lama pasti akan berubah bentuknya. Pada akhirnya, mereka akan berakhir di tempat sampah. Supaya lebih awet, coba campur ¼ gelas garam di dalam 1 liter air. Rendam spons cuci piring ke dalamnya, keringkan dan tunggu semalaman Di hari berikutnya, spons akan tampak seperti baru. 

Menjadikan furniture berbahan rotan tampak baru

Para penggemar furniture rotan, pasti mengalami love and hate relationship dengan benda favoritnya tersebut. Walaupun bentuknya sangat cantik, bahan rotan cukup sulit perawatannya. Seiring berjalannya waktu, rotan pasti akan menguning dan warnanya menjadi tak cantik lagi. Apalagi jika rotan sering terpapar cahaya matahari. Untuk mencegah warnanya cepat berubah, gosok perlahan furniture milikmu menggunakan sikat rotan yang telah direndam dalam garam setiap 6 bulan sekali. 

Menghilangkan bau tak sedap pada sepatu 

Sepatu bau bisa membuat kepercayaan diri berkurang. Maka dari itu, jangan sampai hal ini terjadi padamu. Untuk menghindarinya, biasakan untuk menaburkan sedikit garam di dalam sepatu setiap malamnya. Garam akan menyerap bau tak sedap dari sepatu, dan membuat aromanya menjadi lebih segar di keesokan hari. Selain menggunakan garam, masih ada beberapa cara menghilangkan bau sepatu dengan mudah. 

Menghilangkan noda di cangkir dan gelas

Kopi dan teh kerap meninggalkan noda kecoklatan yang susah hilang pada cangkir atau gelas. Hal ini tak akan jadi masalah jika cangkir dan gelas tersebut hanya digunakan kamu dan anggota keluarga lainnya. Tapi jika kamu menjamu tamu dalam kondisi cangkir dan gelas kotor, tentu sangat memalukan bukan? Pastikan cangkir dan gelasmu bersih, dengan menggosokkan garam dapur dengan spons. Biarkan beberapa saat supaya senyawa garam memusnahkan noda dengan sendirinya. Setelah itu, bilas cangkir dan gelas hingga bersih. 

Menjernihkan akuarium yang kotor

Semahal apapun ikan hias yang ada di akuarium milikmu, tentu akan terlihat jelek ketika akuarium itu sendiri kotor. Bukan hanya tak enak dipandang, ikan-ikan di dalamnya juga bisa terkena penyakit lantaran tempat tinggal mereka kotor. Untungnya, salah satu manfaat garam adalah menjernihkan akuarium yang kotor.

Jadi kamu tak perlu kesulitan lagi untuk membersihkannya.Kosongkan air dari tangki dan gosok garam ke sisi-sisi akuarium menggunakan spons. Bilas hingga bersih dengan air hangat. Pastikan untuk menggunakan garam non yodium supaya endapan mineral di dalam akuarium ikut menghilang!

Mencegah warna handuk memudar saat dicuci

Warna-warna cerah cenderung cepat memudar, apalagi saat dicuci pertama kali. Jika kamu baru membeli handuk berwarna cerah, tambahkan 1-2 gelas garam ke dalam mesin cuci. Hal ini akan membuat warna handuk tahan luntur. 

Membersihkan sapu yang kotor

Kotoran yang dibersihkan dengan sapu akan menempel dan tak akan hilang dengan sendirinya. Maka itu, pastikan kamu membersihkan sapu yang kotor secara rutin. Caranya gampang, cukup rendam sapu yang kotor di dalam larutan garam dan air hangat. Tunggu selama 30 menit, dan kotoran yang menempel pun akan berjatuhan.

Bagikan: 4376 kali