Bukan hanya untuk dimasak, beras juga berfungsi untuk banyak hal di rumah - Rumah123.com Bukan hanya untuk dimasak, beras juga berfungsi untuk banyak hal di rumah - Rumah123.com/Getty Images

Hampir setiap rumah di Indonesia pasti punya persediaan beras di dalamnya. Apalagi fungsinya kalau bukan untuk dimakan oleh anggota keluarga? Tapi, tahukah kamu kalau beras tak sekadar berguna untuk dimasak menjadi nasi.

Ada banyak manfaat lain dari setiap butirannya. Mulai dari mengasah pisau, hingga mencegah karat. Kamu gak perlu beli bahan dan alat tambahan lagi deh! Nah, kamu pasti penasaran kan apa saja manfaat beras selain untuk dimasak? Yuk, langsung saja simak di artikel ini!

1. Mempertajam pisau blender yang tumpul

Seiring waktu, pisau blender yang sebelumnya tajam bisa menjadi tumpul. Untuk membuatnya kembali tajam seperti sedia kala, kamu bisa menggunakan beras. Tuang ½ cangkir beras ke dalam blender, dan putar selama 2 menit. Pisau blender pun akan kembali tajam setelahnya!

2. Menyelamatkan smartphone yang kena air

Kecuali smartphone milikmu anti air, smartphone yang terkena air pasti akan rusak. Tapi kamu tak perlu panik ketika hal itu terjadi padamu. Coba lakukan pertolongan pertama dengan merendam smartphone ke dalam sekantong beras. Tinggalkan selama beberapa hari, beras pun akan menyerap air dan smartphone-mu pun akan kembali bekerja. 

3. Membersihkan bagian dalam vas dan botol

Sisi dalam vas dan botol merupakan bagian yang sangat sulit untuk dijangkau sehingga rentan kotor. Untuk membersihkannya, kamu bisa memanfaatkan beras. Caranya gampang, cukup campurkan 2 sendok beras dan air hangat, lalu tuangkan ke bagian dalam vas atau botol yang mau dibersihkan. 

4. Mencegah karat pada peralatan berbahan besi

Peralatan yang berbahan dasar besi cenderung rentan berkarat. Untuk mencegah karat, tambahkan beberapa sendok beras ke dalam kotak penyimpanan peralatan tersebut.

5. Dijadikan tempat menaruh pisau

Kamu tak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli rak penyimpanan pisau. Sebagai gantinya, isi wadah kosong dengan beberapa sendok beras, dan letakkan pisau di atasnya. Selain lebih murah, wadah berisi beras cocok untuk pisau segala ukuran.

6. Membersihkan alat penggiling biji kopi

Jika alat penggiling kopi milikmu mulai berdebu atau berminyak, kamu bisa membersihkannya dengan menaburkan beras ke dalam alat. Cara ini sangat gampang untuk mengusir butiran kopi yang sudah basi. 

7. Mencegah garam menggumpal

Garam yang disimpan dalam stoples menggumpal sehingga sulit disendok. Kamu harus mencungkilnya agar bisa digunakan. Hal ini tentu akan membuang waktu dan energi. Untuk mengatasinya, tuangkan setengah sendok teh beras dalam stoples garam. Beras akan menyerap kelembaban yang ada dan mencegah penggumpalan.

8. Mematangkan buah dengan lebih cepat

Mau buah lebih cepat matang? Rendam buah ke dalam semangkuk beras, dan buah mentah yang ingin segera kamu makan bisa matang keesokan harinya. 

9. Mengetes kadar panas minyak

Mau menggoreng sesuatu? Pasti kamu harus mengira-ngira terlebih dahulu apakah minyak sudah panas atau belum. Kalau kamu tak punya alat pengukur suhu panas alat masak, cukup ambil sebutir beras dan masukkan ke dalam minyak. Apabila beras naik ke permukaan, artinya kadar panas minyak sudah sempurna.

 
Bagikan: 1094 kali