OK

Selain Jokowi, Siapa Presiden yang Mau Tinggal di Istana Merdeka?

03/08/2022 by Dodiek Dwiwanto

istana merdeka

Istana Merdeka, Jakarta (Rumah123/iStockphoto)

Istana Merdeka di Jakarta memiliki sejarah panjang dan menjadi saksi bisu perjuangan bangsa Indonesia, seperti apa sih kisah selengkapnya?

Siapa sih yang tidak tahu Istana Merdeka? Kalau kamu bertandang ke Monumen Nasional atau Monas, kamu pasti melihat istana yang terletak di seberangnya.

Atau kamu pernah melihat perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus dari televisi, Presiden Indonesia akan memimpin upacara dari istana ini.

Istana ini dibangun pada era penjajahan Belanda pada 1873 hingga 1879. Bangunan ini memang punya sejarah panjang.

Catat, Istana Merdeka ini pernah menjadi kediaman Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Istana Wakil Tinggi Mahkota Belanda.

Lantas menjadi Istana Saiko Syikikan (Panglima Tertinggi Tentara XVI Jepang di Pulau Jawa), hingga menjadi kediaman Presiden Republik Indonesia.

Setidaknya 15 gubernur jenderal, tiga saiko syikikan, hingga tiga presiden Indonesia tinggal di sini.

Tiga presiden yang tinggal di sini adalah Soekarno atau Bung Karno, Abdurrahman Wahid, dan Joko Widodo.

Hanya tiga Presiden Indonesia ini yang mau tinggal di Istana Merdeka, sementara yang lain memilih menetap di rumah pribadi.

potret istana merdeka

Sumber: Voi.id

Tidak Semua Presiden Memilih Tinggal di Istana Merdeka

Sementara Soeharto alias Pak Harto, BJ Habibie, Megawati Soekarnoputri, dan Susilo Bambang Yudhoyono memilih tinggal di kediaman pribadi masing-masing.

Lantaran para presiden tidak tinggal di Istana Merdeka, maka istana ini hanya digunakan untuk menerima tamu negara, tempat kerja presiden, dan lainnya.

Istana ini juga sering berganti nama di antaranya Istana Gambir, Istana Koningsplein, dan masih banyak lagi.

Selain itu, sejumlah kejadian penting juga terjadi di istana ini, salah satunya penyerahan kedaulatan dari Belanda ke Indonesia pada 27 Desember 1949. Indonesia diwakili oleh Sultan Hamengkubowo IX.

By the way, Istana Merdeka ini menjadi salah satu dari lima istana yang dibangun pada jaman penjajahan Belanda. Nggak heran kalau arsitekturnya bergaya Eropa.

Jangan lupa membaca artikel Rumah123.com untuk mendapatkan informasi yang menarik mengenai properti hingga gaya hidup.

Laman ini juga memudahkan bagi para pencari properti dan lainnya karena Rumah123.com memang #AdaBuat Kamu.

Saatnya kamu memilih dan mencari properti terbaik untuk tempat tinggal atau investasi, hanya di Rumah123.com.

Kalau kamu sedang mencari rekomendasi properti untuk tempat tinggal atau investasi, pilihan terbaik adalah Sutera Sawangan.