Selain dikonsumsi, bubuk kopi punya segudang manfaat serbaguna lainnya - Rumah123.com Selain dikonsumsi, bubuk kopi punya segudang manfaat serbaguna lainnya - Rumah123.com

Kopi merupakan hal yang wajib ada di dapurmu. Selain bisa membantumu lebih “melek” di pagi hari, kopi ternyata punya segudang manfaat lain yang tak disangka-sangka. Apa saja manfaat bubuk kopi tersebut? Yuk simak bersama-sama selengkapnya di artikel ini. Eits, tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa kopi yang digunakan bukan kopi yang sudah tercampur dengan gula ya!

Fungsi bubuk kopi untuk kecantikan

Para wanita wajib menyetok kopi nih di rumah. Sebab, bubuk kopi rupanya sangat bermanfaat untuk kecantikan. Mulai dari kepala hingga kaki, hanya dengan kopi kamu bisa mendapatkan perawatan lengkap alami seluruh tubuh!

Sebagai pewarna rambut alami

Mulai bosan dengan warna hitam rambutmu? Saatnya mengubah warna rambutmu! Buat kamu yang belum berani bermain warna terang dan tak terbiasa terpapar bahan kimia dari pewarna rambut yang dijual di pasaran, coba deh manfaatkan bubuk kopi. Yap, kopi bisa dijadikan pewarna rambut coklat keemasan yang alami.

Hasilnya semi permanen dan tentu saja lebih aman ketimbang pewarna yang tinggi bahan kimia. Cara mengaplikasikannya pun mudah. Seduh bubuk kopi hitam, campurkan dengan kondisioner, oleskan pada rambut, bilas rambut hingga bersih, dan warna rambut baru pun akan terlihat.

Sebagai eksfoliasi kulit mati

Kulit membutuhkan eksfoliasi secara teratur paling tidak satu kali seminggu supaya sel-sel yang mati hilang. Ada dua jenis eksfoliator yang bisa dipilih, yaitu physical exfoliator, chemical exfoliator, dan enzimatic exfoliator. Untuk kamu yang baru mulai mengeksfoliasi kulit, sebaiknya menggunakan physical exfoliator seperti scrub terlebih dahulu karena formulanya lebih ringan.

Tak perlu mahal-mahal membeli scrub di toko kecantikan, kamu bisa lho membuat scrub kopi sendiri di rumah. Campurkan 2 sendok kopi bubuk hitam dengan sesendok gula pasir, dan 3 sendok minyak zaitun, lalu aduk semua bahan secara merata. Oleskan bahan tersebut ke seluruh tubuh, dan gosok dengan perlahan, diamkan 10 menit, lalu bilas hingga bersih. Jika kamu melakukannya dengan rutin, hasilnya bisa sebelas dua belas dengan perawatan di salon!

Menghilangkan selulit

Selain sebagai eksfoliator alami, scrub kopi yang dibuat dengan cara di atas juga bisa membantu menghilangkan selulit. Minyak zaitun mengandung vitamin E yang bisa mengenyalkan kulit dan merangsang pembentukan kolagen. Sementara bubuk kopi dapat menghilangkan lemak selulit sehingga kulit lebih halus. 

Fungsi bubuk kopi untuk membersihkan rumah

Membersihkan debu dalam rumah

Apabila kamu hobi minum kopi hitam, jangan buru-buru buang ampasnya. Manfaatkan ampas kopi yang dikeringkan untuk membersihkan rumah yang penuh debu halus beterbangan. Caranya gampang, taburkan ampas kopi yang dikeringkan di sudut-sudut rumah yang terdapat banyak debu. Debu pun tak akan dengan mudah beternbangan sehingga lebih mudah untuk disapu.

Menghilangkan bau tak sedap di kulkas

Lemari es atau kulkas kerap menimbulkan bau tak sedap akibat makanan yang tercampur dan disimpan dalam waktu lama. Untuk mengatasinya, kamu dapat meletakkan ampas kopi dalam sebuah wadah yang tahan terhadap dingin.

Pengharum udara alami

Selain rasanya yang enak, kopi juga terkenal dengan aromanya yang menenangkan. Daripada menggunakan pengharum ruangan yang mengandung bahan kimia membahayakan, coba gunakan kopi sebagai pengharum ruangan alami. Cara tradisional yang biasa dilakukan untuk menikmati aromanya sebagai pengharum adalah menggunakan biji kopi yang telah dipanggang, yang diletakkan di piring kecil, lalu ditempatkan di meja kamar. 

Mencegah jamur dan menghilangkan debu pada furnitur kayu

Furnitur yang terbuat dari bahan kayu cenderung sensitif. Untuk menetralkan bau tak sedap dan mencegah pertumbuhan jamur, taburkan kopi kering dan beras di furnitur milikmu. Biarkan selama satu minggu hingga baunya lenyap. 

Mengusir semut

Walaupun tak jorok dan memaparkan penyakit, kehadiran semut kerap mengganggu. Jika kamu mau mengusir semut tanpa menyakitinya, coba gunakan kopi dan taburkan di titik yang sering didatangi semut. Mereka tak suka dengan baunya dan akan menghindari lokasi yang berbau kopi tersebut. 

Bagikan:
3141 kali