OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Sel Kulit Mati Bersihkan Udara Ruangan

13 Oktober 2023 · 2 min read Author: Andy David

Di samping sebagai lapisan pelindung tubuh terluar, sel-sel kulit mati yang terkelupas dan rontok ternyata masih punya manfaat lho. Percaya gak, sel-sel kulit mati kita bisa membersihkan udara dalam ruangan.

Sel-sel kulit mati yang rontok sekitar 500 juta sel setiap harinya menumpuk bersama debu sekitarnya. Minyak yang terkandung dalam sel-sel kulit mati tersebut mampu menghilangkan ozon polutan, yakni sebuah molekul yang terdiri atas lima atom oksigen

Baca juga: Siasat Bertanam Sayur di Halaman Sempit

Squalene, itulah sebutan sel kulit mati tersebut, ternyata mampu mengurangi level ozon dalam ruangan sebesar 2-15 persen. Molekul squalene mengandung enam ikatan ganda atom karbon, ikatan atom C inilah yang berinteraksi dan memecah ozon.

Menghisap udara yang mengandung ozon dapat menurunkan fungsi paru-paru. Juga menyebabkan radang selaput paru-paru.

Menurut Badan Perlindungan Lingkungan Amerika (EPA), paparan berulang terhadap zat berbahaya itu dapat menyebabkan luka permanen pada jaringan paru-paru.

Baca juga: 2016, Grand Dhika Bekasi Siap Huni

Seorang Kimiawan bernama Charles Weschler dan anggota timnya mengumpulkan debu itu dari permukaan berbagai benda, kecuali lantai dari 500 kamar tidur dan 151 pusat penitipan anak di Denmark.

Mereka menganalisis debu itu untuk mencari squalene dan kolesterol, juga minyak kulit lainnya. Mereka berkesimpulan bahwa kolesterol dari kulit hanya memberi sedikit kontribusi dalam menghilangkan ozon bila dibandingkan dengan squalene.

’’Pada dasarnya manusia adalah penyimpan ozon terbesar, manusia mengonsumsi ozon jauh lebih besar daripada debu, namun debu tetap bereaksi terhadap ozon meskipun ruang itu tak dihuni,’’ ucap Weschler. (Wit)


Tag: , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA