Sekolah yang Didesain oleh Architecture + Information (Rumah123/Dezeen)

“Setiap siswa di AltSchool memiliki kesempatan unik untuk diajarkan berdasarkan gaya belajar mereka sendiri. Setiap ruang didesain untuk cukup fleksibel mengakomodasi kebutuhan individu semua murid, begitu juga gaya dan penggunakan belajar,” ujar Architecture + Information kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Biro arsitek Architecture + Information mendesain sekolah bergaya kekinian untuk kids jaman now. Architecture + Information merupakan firma yang didirikan oleh Brad Zizmor dan Dag Folger. Firma ini berkantor pusat di New York, Amerika Serikat.

Baca juga: Hmm, Kalau Sekolah Kayak Gini Sih, Siapa Yang Mau Bolos?

Sekolah yang didesain adalah sekolah milik AltSchool, sebuah perusahaan start up yang berdiri pada 2014 dan memiliki sekolah di dua kota besar di AS, New York dan San Francisco.

Start up ini memiliki metodologi pembelajaran yang ditujukan untuk merespon kebutuhan individu setiap siswa dan mengintegrasikan teknologi dalam sistem belajar.

Baca juga: Mengubah Gudang Raksasa Jadi Sekolah Guru, Wah Patut Ditiru Nih!

Architecture + Information mendesain ulang sebuah bangunan tua dengan 11 lantai di New York. Bangunan ini dibangun pada 1903 silam.

Biro arsitek mendesain bagian tengah bangunan yang dinamakan Agora, sebuah area duduk yang berjenjang. Siswa-siswi dapat duduk bersama ketika ada acara atau presentasi. Selain itu, ada bagian yang dicat biru. Mereka yang ingin belajar sendiri dapat memanfaatkan area ini.

Baca juga: Fasad Sekolah Dipasangi 12.000 Panel Solar, Bisa Ngirit Listrik 50 Persen!

Beberapa ruangan kelas dirancang dapat dijadikan satu untuk mengakomodasi kebutuhan belajar. Mungkin ada yang ingin belajar dalam kelompok besar, kelompok kecil, atau bahkan sendiri. Masih ada ruangan kecil untuk pertemuan antara guru dan orang tua.

Architecture + Information juga mendesain adanya ruangan Design Lab, sebuah ruangan terbuka dengan kursi dan meja yang dapat dipindahkan. Area ini dapat digunakan untuk kegiatan percobaan, membuat karya seni dan kerajinan.

Baca juga: Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Selain itu, sekolah ini memiliki laboratorium komputer, ruang berkumpul berukuran besar, ruang makan siang, serta ruangan bermain indoor yang dapat digunakan saat hujan.

Salah satu hal penting yang tidak dilupakan oleh Architecture + Information adalah pemilihan warna. Biro arsitek menghindari pemilihan warna terang atau mural di dinding yang biasanya ditemukan dalam kelas.

Baca juga: Sekolah Ini Bikin Kids Jaman Now Gemar Bereksplorasi, Penasaran?

“Dalam mendesain, kami ini merancang ruangan yang menyenangkan, bukan kekanak-kanakan,” ujar Architecture + Information.

Asyik ya kalau punya sekolah dengan desain interior kayak begini. Sekolah putra putri kamu kayak begini nggak? Kalau melihat desain sekolah yang keren, kayaknya pengen sekolah lagi nih.

Baca juga: Rumah Dekat Sekolah Keren, Bikin Harga Jual Tinggi, Lho!

Architecture + Information Mendesain Sejumlah Ruangan Berbeda untuk Sekolah (Rumah123/Dezeen)
Architecture + Information Merancang Ada Ruang Belajar Bersama dan Ruang Privat Bagi Para Siswa (Rumah123/Dezeen)
Desain Interior Sekolah Ini Dirancang oleh Architecture + Information (Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 398 kali