transjakarta- rumah123.com Ilustrasi Penumpang Bus. Operator Transjakarta Akan Menambah Armada Bus Selama Malam Tahun Baru. Transjakarta juga Menyediakan Bus Gratis (Foto: Rumah123/Getty Images)

Transjakarta menambah jumlah armada bus serta mengoperasikan bus gratis selama malam Tahun Baru. Sejumlah layanan juga beroperasi selama 24 jam.

Operator BRT (Bus Rapid Transit) Transjakarta, PT Transjakarta akan melakukan sejumlah langkah menyambut malam pergantian tahun alias malam Tahun Baru 2020.

Transjakarta akan menambah jumlah armada pada sejumlah rute. Ada beberapa rute yang akan beroperasi selama 24 jam. Selain itu, Transjakarta juga akan mengoperasikan bus gratis.

Baca juga: 2020, MRT Targetkan Integrasi dengan Transjakarta dan LRT

Situs berita online Kompas.com menyitir pernyataan Direktur Pelayanan dan Pengembangan PT Transjakarta Achmad Izzul Waro. Dia menyatakan Transjakarta telah menyiapkan 183 unit bus yang beroperasi.

Jumlah bus tersebut akan beroperasi melayani penumpang selama 24 jam menjelang malam perayaan Tahun Baru. Biasanya, jumlah bus yang dioperasikan hanya 55 unit.

Pada malam Tahun Baru, Transjakarta menambah 123 unit. Jumlah penumpang diprediksi akan melonjak. Masyarakat juga memberikan masukan sehingga operator memutuskan untuk menambah jumlah armada menjadi tiga kali lipat.

Transjakarta Menambah Armada Bus di 11 Rute

Achmad menyatakan penambahan jumlah armada bus dilakukan di 11 rute atau koridor Transjakarta. Sejumlah rute yang mendapatkan penambahan adalah rute 2C (Monumen Nasional/Monas-JIEXpo/Jakarta International Expo Kemayoran).

Berikutnya adalah rute 5H (Harmoni-Ancol), 1F (Palmerah-Bundaran Senayan via Asia Afrika), S12 (BSD/Busmi Serpong Damai-Stasiun Fatmawati), dan S31 (Bintaro-Stasiun Fatmawati).

Transjakarta juga sudah menyiapkan sejumlah skema rekayasa rute. Hal tersebut dilakukan mengingat Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin akan ditutup untuk car free night mulai pukul 19.00 hingga 01.00 WIB (Waktu Indonesia Barat).

Baca juga: Awal Desember 2019, Transjakarta Akan Menambah Koridor Penerapan Wayfinding

Operator menyiapkan skema pertama yaitu rute koridor 1 bakal dialihkan menjadi Kota-Harmoni-Tomang-Koridor 9-Blok M. Skema kedua, rute Blok M, koridor 1 akan dialihkan dari Blok M-Gelora Bung Karno-Semanggi.

Ketiga, poros Kota yaitu koridor 1 akan dialihkan dari Kota-Harmoni-Monas-Patung Kuda. Adanya perubahan rute ini tentunya ditujukan agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan pribadi. Masyarakat bisa menggunakan transportasi publik seperti Transjakarta untuk menuju tempat perayaan malam Tahun Baru.

Transjakarta Juga Menyiapkan Bus Gratis

Transjakarta juga akan menyiapkan layanan bus gratis bagi masyarakat yang ingin merayakan malam Tahun Baru 2020 di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara.

Situs berita online Bisnis.com melansir bahwa Transjakarta menyiapkan bus gratis dengan rute Kemayoran-Ancol. Bus ini beroperasi mulai dari 31 Januari 2019 mulai pukul 05.00 hingga 23.59 WIB.

Bus Transjakarta gratis ini berada di halte Transjakarta di pintu lapangan parkir JIExpo C3. Transjakarta akan menyediakan delapan bus dengan kapasitas 60 penumpang dan kursi roda. Bus yang disediakan ramah terhadap kaum difabel.

Waktu perjalanan bus ini dari Kemayoran ke Ancol sekitar 20 menit. Headway atau jarak kedatangan Transjakarta ini hanya 10 menit. Rute bus ini adalah JIExpo Kemayoran-Area parkir Wisma Atlet Kemayoran-Gerbang Timur Ancol.

Baca juga: KRL Commuter Line Tambah Jadwal, Transjakarta Akan Tingkatkan Kapasitas

Bagikan: 1201 kali