Biaya sedot WC merupakan salah satu biaya perawatan rumah yang penting untuk disiapkan sebelum musim hujan. Simak rincian biaya dan tips mencegah jasa sedot WC fiktif selengkapnya.

biaya sedot wc Sumber: Biayasedotwc.com

Biaya sedot WC merupakan salah satu jenis pengeluaran rumah yang harus disiapkan secara berkala. 

Sebab, setiap rumah memiliki sistem sanitasi maupun saluran air yang berbeda-beda, sehingga hal ini pun menjadi salah satu kewajiban bagi penghuni rumah.

Tak jarang, kasus WC mampet pun kerap terjadi di rumah sehingga akan mengganggu hajat hidup dari penghuni rumah akan kebutuhan MCK (mandi, cuci, dan kakus). 

Alhasil, saluran air maupun sanitasi rumah pun harus diperhatikan dengan sangat baik agar penghuni rumah memiliki rasa nyaman. 

Untuk diketahui, sedot WC merupakan salah satu proses pembuangan kotoran yang ada pada saluran air agar proses pembersihan berjalan secara normal.

Lantas, berapakah biaya sedot WC dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan sedot WC? Simak pembahasannya bersama-sama berikut ini. 

Sedot WC perlu dilakukan secara berkala di rumah 

Bisa dikatakan jika sedot WC layak untuk dianalogikan seperti proses fogging rumah, mengingat ada waktunya secara rutin. 

Meski seperti proses fogging, namun sedot WC mempunyai interval waktu yang cukup lama, sekalipun dalam rentang satu sampai dengan dua tahun. 

Dalam hal ini, kamu pun nggak perlu menunggu WC rumah sampai mampet agar mempermudah proses pembersihan. 

Untuk diketahui, apabila sedot WC dilakukan saat sudah dalam kondisi mampet, maka akan sedikit merugikan pemilik rumah.

Sebab, tak hanya sekadar membayar biaya sedot WC rumah saja, kamu pun bisa saja mengganti beberapa saluran pipa apabila terjadi kerusakan. 

Proses sedot WC pun tidak hanya sekadar proses pembuangan saluran saja, melainkan juga dapat mengetahui kendala pada saluran air maupun pembuangan rumah. 

Dengan demikian, kamu pun bisa melakukan pembersihan saluran buang secara berkala dalam rentang waktu yang lebih pendek. 

Sebagai contoh, proses sedot WC bisa kamu lakukan setiap delapan bulan sekali untuk memastikan kualitas pembuangan maupun mencegah kerusakan di bagian dalam. 

Baca Juga: Biaya Jasa Bongkar Rumah dan Contoh RAB untuk Bangun Ulang

Berapakah biaya sedot WC rumah? 

Jika kamu sering melihat iklan “jasa sedot WC” di batang pohon, mungkin kamu pasti terpikir mengenai “berapa harganya ya?”

Adapun, dilansir dari Detik.com, umumnya biaya sedot WC rumah tergolong sangat variatif, sekalipun berbeda-beda. 

Umumnya, biaya jasa sedot WC secara resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta adalah Rp450 ribu per lima meter kubik.

Meski harga tersebut cukup tinggi, namun masih bisa dinegosiasikan apabila proses pembersihan di bawah lima meter kubik.

Setelah proses sedot WC, nantinya penghuni rumah akan menerima kartu kendali resmi dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Selain menggunakan jasa resmi dari Pemprov DKI Jakarta, saat ini sudah banyak pihak swasta pun yang menawarkan jasa ini dengan harga dan paket yang bermacam-macam. 

Jika kamu memilih untuk menggunakan jasa dari pihak swasta, ada kemungkinan harganya sedikit lebih tinggi, namun biaya tersebut tergolong lebih lengkap.

Perlu diketahui, jika paket dari pihak swasta tersebut ada beberapa yang sudah termasuk dengan pembersihan septic tank, sehingga saluran air pun menjadi jauh lebih baik. 

Adapun, apabila kamu berencana untuk memilih jasa dari pihak swasta, umumnya dikenakan mulai dari Rp375 ribu sampai dengan Rp800 ribu. 

Baca Juga: Poles Marmer di Rumah, Pilih Poles Sendiri atau Pakai Jasa Profesional?

Cegah modus operandi Iklan Sedot WC

Ya, meski jasa ini sangat diminati oleh banyak orang, namun siapa sangka jika jasa sedot WC bisa menjadi sebuah jebakan. 

Pasalnya, iklan jasa sedot WC pun bisa menjadi modus operandi sekalipun pemerasan, khususnya bagi kaum menengah yang berada di perumahan. 

Oleh sebab itu, kamu pun diharuskan untuk mengetahui lebih dalam mengenai iklan Sedot WC yang sering ada di banyak tempat. 

Alih-alih bukan mendapat biaya sedot WC yang paling kompetitif dan terjangkau, kamu pun terjerembab dalam biaya yang tinggi.

Bukan tak mungkin proses sedot WC yang kamu lakukan pun bisa mencapai jutaan rupiah meski berukuran kecil. 

Lantas, bagaimana cara mencegah modus operandi ini? Kamu pun sebaiknya menggunakan jasa sedot WC resmi dari pemerintah maupun pihak swasta yang sudah terpercaya. 

Sebab, kedua pihak tersebut akan menjamin tidak adanya pungutan liar di luar pekerjaan yang dilakukan dalam proses pembersihan sedot WC. 

Jika kamu berencana melakukan sedot WC resmi dari pemerintah, kamu pun bisa langsung kantor kelurahan atau suku dinas kebersihan setempat untuk meminta pengajuan. 

Setelah permohonan sedot WC diajukan, maka pembersihan pun dimulai dan bisa membayar langsung setelah pelaksanaan selesai. 

Demikian beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat berencana ingin melakukan sedot WC rumah secara cermat. 

Yuk, cari tahu tips mengenai kebersihan rumah selengkapnya di artikel.rumah123.com.

“Ingin beli rumah baru di Bekasi? Cek, Burgundy Residence at Summarecon Bekasi selengkapnya”

Bagikan:
1320 kali