OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Secanggih Apa Elektronik di Rumahmu?

22 Nopember 2023 · 2 min read Author: Wita Lestari

Ilustrasi smart home

Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Sebuah rumah atau hunian idaman pastinya mementingkan kenyamanan dan keamanan. Seiring berjalannya waktu, pada masa depan, unsur nyaman dan aman itu ditunjang peralatan elektronikyang kian canggih.

Teknologi yang menyasar sektor hunian kian diminati. Mengutip situs domain.com.au, masyarakat Australia diprediksi rela merogoh kocek sangat dalam untuk “perasaan aman” terkait huniannya.

Setidaknya, mereka akan rela menghabiskan uang sebesar 3,2 miliar dollar AS pada 2019. Sebuah kenaikan yang sangat tajam, mengingat saat ini mereka baru merogoh kocek sekitar 289 juta dollar AS.

Baca juga: Teknologi Smart Home Makin Populer

Dana sebesar itu akan “membeli” rasa aman saat mereka berada di dalam maupun di luar rumah. Mahal? Gak juga sih, kalau melihat sejauh mana teknologi itu bisa diterapkan di rumah.

Sebut saja sistem pencahayaan, keamanan, fasilitas hiburan tanpa kabel, pemanas dan pendingin ruangan, mesin pembuat kopi. Pokoknya, apapun yang kamu sering gunakan setiap harinya.

Nah, sebelum kamu mengeluarkan uang untuk membeli perangkat teknologi, kenali dulu produk tersebut. Seberapa mudahkah perangkat tersebut digunakan? Apakah sesuai dengan perangkat rumah yang akan dihubungkan?

Setelah menjatuhkan pilihan pada perangkat teknologi yang sesuai, hidupmu akan banyak mengalami perubahan. Berikut beberapa hal di rumahmu yang akan terkena sentuhan teknologi:

Pencahayaan

Hunian yang nyaman sudah tentu butuh sistem pencahayaan yang sesuai. Penggunaan lampu merupakan perkembangan teknologi terbesar setelah internet.

Saat ini sistem pencahayaan seringkali ditawarkan dalam bentuk paket pintar dengan beberapa produk elektronik lainnya. Kamu bisa mengonsultasikannya lebih dulu pada produsennya.

Kamu bisa membuat sistem sesuai dengan yang kamu inginkan. Semisal sistem pencahayaan yang redup untuk membuat istirahatmu nyaman. Warna cahaya bisa diubah-ubah warnanya untuk memunculkan suasana hati tertentu.

Baca juga: Pasangan Muda Singapura Gandrung Smart Home

Hiburan

Banyak tawaran perangkat entertainment nirkabel yang bikin kamu bisa memasang beberapa unit di satu rumah.

Keamanan

Tentunya kamu ingin merasa aman saat berada di rumah. Saat ini, kebanyakan orang menggunakan kamera tersembunyi (CCTV) untuk memantau pergerakan yang mencurigakan di sekitar rumah. Para orang tua juga bisa memantau anak-anak yang sedang bermain di halaman.

Selalu Terkoneksi

Rumah yang punya jaringan internet saat ini sudah banyak. Namun, pembelian perangkat tersebut jadi mubazir kalau kamu seringkali tak terkoneksi Wi-Fi.

Solusinya sangat banyak, di antaranya kamu bisa memperluas jangkauan Wi-Fi di rumah. Belum lagi jaringan internet yang bisa kamu koneksikan dengan ponsel pintar di genggaman, bukan?


Tag: , , , , , , , , ,


IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA