Ingin mempercantik hunianmu dengan keramik baru? Yuk simak artikel seputar keramik sebelum kamu memperbaharuinya

Saat ingin membangun atau merenovasi rumah, dibutuhkan bahan-bahan bangunan pokok yang dapat menjadikan hunian semakin sempurna. Salah satunya adalah keramik lantai. Keramik lantai merupakan satu bahan bangunan yang dapat membuat hunian menjadi lebih menarik dan berwarna. Terlebih karena banyaknya jenis dan motif, serta paduan warna yang bisa menyempurnakan hunianmu sesuai dengan yang kamu inginkan.

Banyaknya jenis keramik lantai yang kian hari kian beragam tentu membuat kamu bingung untuk memilih. Supaya kamu punya gambar tentang keramik sebelum merenovnya, di sini Rumah123.com telah merangkum beragam jenis dan harga keramik lantai lengkap dengan harganya.

Nah, berikut ini adalah jenis-jenis keramik lantai yang paling popular digunakan di hunian masa kini:

1. Keramik Terazzo, yang sempat menggantikan tren keramik Marmer

harga keramik lantai - rumah123.com Contoh penggunaan keramik terazzo pada dapur (Rumah123.com/Getty Images)

Keramik lantai terazzo memiliki bahan dasar semen, pecahan marmer dan pasir. Keramik satu ini dibagi lagi menjadi dua jenis. Yaitu keramik dengan permukaan yang kasar dan juga keramik dengan permukaan yang glossy.

2. Keramik Granit, yang masih menjadi keramik dambaan masyarakat

harga keramik lantai - rumah123.com Bukan cuma di rumah, keramik granit juga biasa digunakan di pusat perbelanjaan (Rumah123.com/Getty Images)

Keramik lantai granit memiliki tekstur atau pori-pori yang kecil, sehingga kecil kemungkinannya untuk dimasuki air dan kotoran. Bahan dasar keramik satu ini berasal dari batuan granit yang biasa diambil dari bukit-bukit granit. Seiring perkembangan jaman, keramik lantai Granit telah bertransformasi dengan banyaknya motif-motif buatan untuk dasar keramik lantai Granit.

3. Keramik Semen, dengan kelebihan yang bisa dibentuk atau dibuat sesuai keinginan

harga keramik lantai - rumah123.com Keramik lantai semen cocok untuk kamu yang mengusung desain rumah industrial (Rumah123.com/Getty Images)

Keramik lantai semen sangat mudah dikenali dan dibedakan dengan jenis keramik lantai lainnya. Sebab, terlihat jelas dari namanya, jenis keramik ini berbahan dasar semen. Berbeda dengan jenis keramik lantai lainnya, dalam hal pembuatannya, keramik lantai semen dibuat berdasarkan imajinasi perancang keramik. Mulai dari bentuk, motif hingga warna. Jadi, kamu bisa memesan keramik semen dengan bentuk sesuai keinginanmu.

4. Keramik Marmer, keramik cantik yang membuat hunian terlihat mewah

harga keramik lantai - rumah123.com Keramik marmer bisa menciptakan kesan mewah pada hunian (Rumah123.com/Getty Images)

Keramik lantai marmer mempunyai karakter berkelas atau mewah. Berbeda dengan keramik lantai jenis granit, marmer memiliki pori-pori atau tekstur yang relatif besar. Sehingga, keramik lantai jenis ini gampang menyerap air atau kotoran yang tertinggal di permukaannya.

5. Keramik Homogeneous, keramik dengan dua lapisan

harga keramik lantai - rumah123.com Karena dibakar lebih lama, keramik lantai homogeneus punya kekuatan paling bagus dibandingkan keramik lantai lainnya. (Rumah123.com/Getty Images)

Keramik lantai yang terakhir yaitu Homogeneous. Jenis keramik lantai ini memiliki ketebalan hingga 8-10 mm dan berbahan dasar porselen. Karena ketebalannya tersebut, pembuatan keramik lantai Homogeneous melalui proses pembakaran terlebih dahulu. Suhu pembakarannya pun mencapai 1200 derajat sehingga Homogeneous merupakan jenis keramik lantai yang memiliki kekuatan paling bagus dibandingkan dengan keramik lantai jenis lainnya.

Jenis-jenis keramik diatas merupakan jenis-jenis keramik yang paing sering digunakan oleh masyarakat dijaman sekarang. Dan setiap jenis keramik mempunyai perbedaan dan keunikan tersendiri. Maka, dari itu, kamu harus menyesuaikan keramik yang kamu inginkan dengan kompisisi dari setiap keramik.

Bagaimana dengan harganya? Tak hanya merangkum berbagai jenis-jenis keramik lantai, Rumah123.com juga telah merangkum daftar harga dari jenis keramik lantai yang dijual di sejumlah e-commerce di Indonesia, dan berikut daftar harga keramik lantai 2019:

NO JENIS KERAMIK HARGA
1. Keramik Terazzo 30x30 Rp 60,000 – Rp 65,000 / (11pcs)
2. Keramik Terazzo 40x40 Rp 65,000 – Rp 95,000 /dos (6 pcs)
3. Keramik Granit 60x60 Rp 100,00 – Rp 250,000 /dos (4 pcs)
4. Keramik Semen 40x40 Rp 60,000 – Rp 65,000 /dos (6 pcs)
5. Keramik Marmer 40x40 Rp 55,000 – Rp 60,000 /dos (6 pcs)
6. Keramik Homogeneous 30x30 Rp 120,000 – Rp 180,000 /dos (12 pcs)
7. Keramik Homogeneous 60x60 Rp 170,000 – Rp 180,000 /dos (3 pcs)

Yup, daftar harga di atas merupakan daftar harga dari beberapa jenis keramik lantai untuk area sekitar Jabodetabek. Namun jangan sedih, perbandingan antara harga area Jabodetabek umumnya tidak terlalu jauh dengan area di luar Jabodetabek.

Sudah tau ingin memilih jenis keramik yang mana?

Yuk sesuaikan jenis keramik lantai dengan keinginan dan kebutuhan hunianmu!

Bagikan: 6922 kali