Foto: Rumah123/iStock Photo Foto: Rumah123/iStock

Pindah rumah pastinya bikin kamu kerepotan mempersiapkan barang apa saja yang mesti kamu bawa atau singkirkan. Apalagi kalau barang yang kamu miliki begitu banyak.

Nah, sebelum Hari H pindahan, bersihkan terlebih dahulu rumah yang akan kamu tempati. Jadi, ketika kamu masuk rumah tersebut tidak terlalu banyak lagi yang harus dibersihkan. Kalau rumah barumu berukuran besar, sebaiknya bersih-bersih kamu lakukan seminggu sebelum pindahan.

Akan tetapi, jika ukurannya minimalis, tiga hari sebelum pindahan juga bisa kamu lakukan, agar tidak terlalu mengeluarkan tenaga lagi untuk bersih-bersih.

Sebelum ke tahap mengemas barang, benda-benda ini kamu perlukan: kardus atau box, gulungan strecth wrap, kertas koran, gabus, kantong plastik berukuran jumbo, lem selotip tebal, gunting dan spidol.

Baca juga: Cari Apartemen Rp300 Jutaan, di Depok Juga Ada!

Jika ingin membawa furnitur, contohnya sofa, mungkin perlu dilapisi dengan strecth wrap agar tidak kotor atau bergesek dengan barang lain. Bisa juga menggunakan kain berukuran besar sebagai penutup.

Sementara, barang pecah belah, pastinya perlu kamu lapisi dengan kertas koran. Hal ini demi meminimalisasi keretakan.

Barang semisal piring hendaknya diletakkan dalam kardus dengan posisi vertikal. Kemudian, sisi-sisinya boleh diselipkan kertas koran atau gabus.

Jangan lupa di luar box atau kardus kamu tuliskan: "Barang ini mudah pecah!" untuk mengingatkan orang yang akan mengangkatnya. Khusus barang pecah belah diperlukan berlapis-lapis selotip agar tidak terjadi kebocoran.

Baca juga: Yang Perlu Dilakukan Setelah Beli Rumah Baru

Begitu pula dengan barang elektronik semisal komputer PC, kalau bisa dimasukkan dalam boks beserta kabel sambungannya agar kamu tidak repot mencari-carinya saat memasangnya kembali. Peralatan elektronik lebih baik dimasukkan dalam box berukuran tebal dan dilapisi gabus.

Barang pakaian yang digantung, cara cepat bisa dimasukkan dalam kantong plastik ukuran jumbo dan disusun dengan rapi agar tidak kusut. Jika kamu ingin melipatnya juga tidak masalah, asal kamu masukkan dalam kardus atau box.

Barang-barang yang sudah berada dalam box atau kardus sebaiknya dilapis lagi dengan strecth wrap. Menggunakan stretch wrap membantu kamu membungkus barang-barang berukuran besar. Juga secara bersamaan mengemasnya, sehingga dapat melindungi perabotan rumah agar tetap aman.

Saat dipindahkan dalam truk atau pick up, usahakan barang paling besar dulu diangkut dan ditata. Kemudian, barang-barang kecil. Untuk barang pecah belah atau elektronik ditempatkan pada posisi paling atas atau jangan ditumpuk dengan benda berat.

Bagikan: 2664 kali