Ilustrasi Jalan Tol. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Telah Menyiapkan 11 Rest Area Atau Tempat Istirahat dan Pelayanan di Jalan Tol Trans Sumatera. Bagi Kamu yang Mudik Melewati Jalur Ini, Pastikan Kamu Mengetahui Lokasinya (Foto: Rumah123/Getty Images)

Jalan Tol Trans Sumatera siap digunakan untuk mudik Lebaran 2019. Untuk mendukung arus mudik dan balik, pemerintah telah menyiapkan 11 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP). Buat kamu yang berencana mudik melewati jalur ini, yuk cari tahu di mana saja lokasinya?

Pada 2019, sepanjang 503 kilometer jalan Tol Trans Sumatera bakal dibuka guna mendukung kelancaran arus mudik dan balik lebaran. Sebagian besar sudah berstatus operasional, sisanya masih fungsional.

Sebanyak 281 kilometer telah berstatus operasional, sementara 222 kilometer masih berstatus fungsional. Sekedar informasi, operasional berarti jalan tol tersebut telah jadi, memiliki sejumlah pendukung seperti rest area dan rambu lalu lintas, serta telah memiliki tarif.

Baca juga: Ada 71 Rest Area Sepanjang  Jalan Tol Trans Jawa, Mudik Lebaran Pun Bisa Lebih Tenang

Sedangkan fungsional artinya jalan tol memang telah selesai dikerjakan, namun kendaraan yang melintas belum dikenakan tarif. Jalan ini juga telah berfungsi sebagaimana mestinya dan bukan jalan darurat.

Situs Kompas.com melansir bahwa ada dua ruas jalan tol yang dibuka secara fungsional di Trans Sumatera yaitu Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 kilometer. Ruas jalan tol ini dibuka fungsional dua jalur.

Ruas ini menghubungkan provinsi Lampung dengan Sumatera Selatan. Terbanggi Besar berada di Lampung, sementara Pematang Panggang dan Kayu Agung berada di Sumatera Selatan.

Baca juga: Mau Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa? Ini Dia Tarifnya

Lantas ruas jalan tol yang lainnya yang dibuka secara fungsional adalah Kayu Agung-Palembang Betung sepanjang 33 kilometer. Jalur ini dibuka fungsional satu jalur.

Sementara ruas jalan tol yang dibuka secara operasional adalah Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140,4 kilometer, Palembang-Indralaya sepanjang 21,9 kilometer, Medan-Binjai sepanjang 13,2 kilometer, Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 62,2 kilometer, dan Belawan-Medan-Tanjung Morawa sepanjang 42,7 kilometer.

Bakauheni-Terbanggi Besar yang berada di Lampung merupakan jalan tol terpanjang di Indonesia saat ini. Ruas jalan tol ini mengalahkan Cipali di Jawa Barat.

Baca juga: Jalan Tol Pandaan-Malang Masih Gratis Selama Mudik Lebaran 2019

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono menyatakan ada 11 rest area atau Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di sepanjang jalan Tol Trans Sumatera.

Sebelas rest area ini berada di KM 65 A dan B ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi. Lantas ada di KM 33 A, KM 33 B, KM 87 A, KM 87 B, KM 115 A dan KM 115 B ruas Bakauheni-Terbanggi Besar.

Selanjutnya TIP berada di KM 162 A, KM 171 B, KM 207 A, KM 213 B, dan KM 233 B ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung. Jalur A merupakan jalur keberangkatan mudik, sementara jalur B adalah jalur balik.

Baca juga: Mudik Lebaran Lewat Jalan Tol Trans Jawa, Jangan Lupa Isi E-Toll yang Banyak

Bagi kamu yang berencana mudik dan melewati jalan Tol Trans Sumatera, kamu wajib tahu soal ini. Saat di perjalanan, kamu sudah tahu saat ingin mengisi bensin, membeli makanan dan minuman, dan lainnya.

Selama bulan Ramadan 2019, situs properti Rumah123.com menyajikan sejumlah artikel menarik terkait puasa dan mudik.

Bagikan: 2390 kali