Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty
   

Mudik Lebaran tahun ini lewat tol memang asik. Selain bisa lebih cepat, masih banyak jalur yang bersifat fungsional atau belum kena tarif. Tapi, satu hal yang kamu harus pastikan yakni bahan bakar mesin kendaraan kamu harus penuh tangkinya kalau gak mau mogok di jalan.

Selain jalan tol yang fungsional saat ini bertambah panjang. General Manager Pertamina MOR IV Jawa Tengah-DIY, Yanuar Budi Hartanto, sepert dikutip dari Kompas.com, Kamis (17-5-2018) mengatakan, kalau pada 2017 jalan fungsional sampai di Grinsing, Batang, pada 2018 ini rencananya tol fungsional sampai Krapyak di Kota Semarang.

Baca juga: Mudik Lebaran ke Sumatera Bisa Lewat Tol Lho!

Jalan tol fungsional yang panjang tersebut belum dilengkapi SPBU. Maka itu, isi BBM dlu sampe penuh, sebelum memasuki jalan tol fungsional. “Terakhir SPBU itu ada di perbatasan Cipali, lalu baru ada lagi SPBU di Bawen, itu jaraknya hampir 200 kilometer,” kata Yanuar.

Tapi gak usah galau amat sih karena Pertamina menyediakan kios pertamax yang dilengkapi mobil dispenser dan BBM dalam kemasan. Kios itu disiapkan di rest area sementara dan titik lainnya. Pertamina juga menempatkan kios tersebut di titik jalur keluar jalan tol fungsional. Rencananya tol fungsional gak dibuka 24 jam.

Baca juga: Jangan Khawatir, Kemacetan Tol Mudik Lebaran Tahun Ini Udah Diantisipasi Kok!

“Titik kritis tol fungsional itu nanti satu arah, tidak dibuka 24 jam, nanti buka-tutup akan dikeluarkan di jalur normal. TDi ttik kritis yang timbul kemacetan, kami siapkan fasilitas tambahan,” katanya.

Menurut Yanuar, tantangan ada di Pintu Keluar Gundulan di Pemalang dan Pintu Kleuar di Mangkang. Di luar jalur itu, Pertamina akan berusaha menambah stok BBM di SPBU sepanjang jalur mudik. Kalau saat mudik di SPBU kehabisan bahan bakar, tersedia SPBU Kantong, yakni mobil tangki yang akan menuju SPBU terdekat yang butuh BBM.

Bagikan: 770 kali