Ilustrasi Rumah (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kebakaran terjadi di Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat pada Selasa (25/12/2018). Peristiwa ini menghanguskan puluhan rumah.

Sebanyak 40 rumah terbakar. Kebanyakan rumah ini merupakan rumah kontrakan yang berbentuk semi permanen. Ada 25 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi kebakaran ini. Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Kompas.com melansir Lurah Kebon Kosong, Syamsul Maarief menyatakan kebakaran dipicu korsleting listrik dari sebuah kamar kontrakan yang ditinggal oleh penghuninya. Penghuni yang pergi tidak melapor kepada Ketua RT (Rukun Tetangga).

Baca juga: Mau Tahu Kamar Mana yang Ga Bakal Dimasuki Maling?

Saat menjelang liburan seperti halnya liburan Natal dan Tahun Baru, ada beberapa hal yang mesti dilakukan sebelum kamu dan keluarga pergi berlibur.

Pertama, melapor kepada Ketua RT. Biasakan kalau pergi dalam jangka waktu lama, kamu pergi melapor ke Ketua RT dan juga petugas keamanan cluster.

Mereka perlu tahu siapa warganya yang pergi. Maling dan pencuri selalu cerdas memanfaatkan peluang untuk masuk ke rumah yang terlihat kosong.

Baca juga:  Rumah Aman, Liburan Nyaman

Kedua, matikan lampu, gas, dan air. Saat pergi, matikan lampu yang tidak perlu. Kalau mau menyalakan lampu rumah, cukup pada bagian tertentu. Jika perlu, copot saja aliran listrik ke sejumlah perangkat seperti televisi, lemari es, dispenser, dan lainnya, kalau takut korstleting.

Jangan lupa untuk mencopot aliran tabung gas dari kompor. Begitu juga dengan saluran air. Jangan sampai air meluap lantaran tidak ditutup.

Ketiga, periksa rumah dan mobil. Jangan lupa mengunci semua pintu, mengamankan barang berharga. Pastikan dokumen berharga tersimpan dengan baik.

Baca juga:  Meningkatkan Keamanan Rumah dari Kejahatan

Begitu juga dengan mobil. Mungkin kamu bepergian dengan pesawat dan meninggalkan mobil. Pastikan mobil telah terkunci.

Keempat, memasang CCTV dan piranti smarthome. Pasang saja kamera CCTV untuk mengetahui siapa saja yang bertandang ke rumah saat kamu dan keluarga pergi.

Saat ini, CCTV sudah terhubung dengan smartphone. Jadi kamu bisa tahu siapa saja yang bertandang termasuk kurir pengantar barang.

Baca juga:  10 Cara Aman Pergi Liburan Tapi Rumah Tetap Aman

Bagikan: 597 kali