Ilustrasi (Rumah123/Kementerian PUPR)
 

Kalau kamu termasuk yang lagi nunggu-nunggu Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago) kapan bisa beroperasi, ini ada kabar gembiranya. Diprediksi sebelum Lebaran tahun ini (15-16 Juni 2018), jalan raya bebas hambatan ini bakal rampung, yakni untuk Seksi II.

Asal kamu tahu aja, Seksi II Jalan Tol Cijago membentang dari Jalan Raya Bogor hingga Kukusan dengan jarak 5,5 kilometer. Kontraktor proyek Jalan Tol Cijago, PT Hutama Karya (Persero), masih menunggu proses konsinyasi pembebasan lahan di pengadilan. Sekadar tahu, Tol Cijago punya 3 seksi sepanjang 14,64 kilometer.

"Kami usahakan. Kalau bisa clear di awal Maret ini, kami harapkan bisa (beroperasi)," kata Pemimpin Proyek Tol Cijago, Eka Darma, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (24/2/2018).

Baca juga: Tol Cijago, Cicung, dan Cigrak Bikin Depok Semakin Diminati

Bagaimana sebenarnya progres Jalan Tol Cijago? Menurut Eka, progres konstruksi Seksi II telah mencapai 81%. Untuk sisa lahan yang belum bebas, saat ini masih dalam tahap konsinyasi yang telah dimulai sejak Januari 2018.

Eka mengharapkan proses konsinyasi tersebut tidak terlalu lama lagi, agar pekerjaan dapat dilanjutkan. Dibutuhkan waktu sekitar 3 bulan untuk merampungkan sisa pekerjaan yang belum selesai.

Baca juga: Tol Cijago Akan Menguak Prospek Kawasan Sawangan

"Kami usahakan tanah ini bisa clear pada akhir Februari, kami bisa selesaikan maksimal awal Juni. Jadi sebelum Lebaran itu. Lebaran H-7 atau H-10," kata Eka.

Tol Cijago merupakan bagian dari 8 ruas Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) II. Jalan tol ini terbentang mulai dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Pelabuhan Tanjung Priok. Sebagaimana diberitakan, jalan bebas hambatan ini dimiliki Kompas Gramedia Group melalui anak usahanya, PT Translingkar Kita Jaya.

Bagikan: 2912 kali