Kolam Renang yang Didesain oleh Claesson Koivisto Rune (Rumah123/Dezeen)

Kalau kamu pernah melihat iklan rumah yang dijual biasanya menyertakan keterangan mengenai jumlah kamar tidur, kamar mandi, garasi, dan lainnya. Tidak ketinggalan mengenai luas tanah, luas bangunan, listrilk, dan air.

Nah, kalau rumah mewah biasanya ada tambahan yang lebih banyak lagi. Misalnya kolam renang, garasi yang lebih besar, taman, dan lain-lain.

Baca juga: Kasihan Deh, Harga Jual Rumah Selebriti AS Selalu Turun Drastis

Laman properti di Amerika Serikat, Homes.com mencoba mengulas fasilitas apa saja yang ada pada sebuah rumah mewah yang dijual. Situs ini meneliti ribuan rumah dengan harga di atas 1 juta dollar AS (Rp13,5 miliar).

Bicara soal fasilitas dalam rumah mewah di AS, biasanya malah ada fasilitas yang tidak biasa seperti lapangan bola basket, lapangan baseball, lapangan American football atau fasilitas olah raga. Maklum saja pemilik rumah mewah seperti ini sudah pasti adalah atlet.

Baca juga: 7 Tahun Jual Rumah Ga Laku? Apa Yang Salah? (Bagian 1)

Setelah melakukan riset, Homes.com memaparkan kalau ada sejumlah fasilitas yang dimiliki oleh rumah mewah. Fasilitas atau keunggulan tersebut seperti berada di tepi pantai, dapur keren ala chef, lapangan golf, dan ruang menonton dengan home theater.

Selain itu, rumah mewah juga diharapkan memiliki kolam renang, ruang makan khusus sarapan, workshop (area pertukangan), lift, hingga kolam pemandian air panas.

Baca juga: Sebelum Jual Rumah, Jangan Lupa Ganti Cat Jadi Warna Netral

Namun, ada lima hal yang wajib ada bagi sebuah rumah mewah yaitu kolam renang (36,5 persen), bar (22,7 persen), dapur besar (12,6 persen), lift (11,3 persen), dan berada di tepi pantai (10,5 persen).

Wah, unik ya kalau lapangan tenis dan garasi besar tidak masuk. Padahal biasanya orang kaya dan super kaya memiliki mobil dalam jumlah banyak.

Baca juga: Ganti Dulu Pintu Depan Sebelum Jual Rumah

Kalau di Indonesia sendiri bagaimana ya? Fasilitas apa saja sih yang mesti ada dalam rumah mewah yang ada di Pondok Indah, Menteng, Kemang, atau daerah elit lainnya?

Kamu sendiri bagaimana? Fasilitas mewah apa yang ada di dalam rumah kamu? Kolam renang, lapangan tenis, atau mungkin garasi berukuran luas?

Bagikan: 737 kali