Ilustrasi Ruang Tidur yang Berantakan. Biasanya Menjelang Ramadan, Orang Akan Membersihkan Rumah Mereka (Foto: Rumah123/Getty Images)

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Saatnya bagi kamu untuk membenahi rumah sebelum bulan puasa dan datangnya Hari Raya Idul Fitri. Ketika membersihkan rumah, ada tiga ruangan yang menuntut perhatian ekstra yaitu kamar tidur, ruang keluarga, dan dapur.

Jelang Ramadan, biasanya banyak orang memiliki kebiasan untuk membersihkan rumah. Ada yang mengecat ulang rumah, ada yang merapihkan rumah, dan lainnya.

Saat merapihkan rumah, ada tiga ruangan yang biasanya harus kamu bersihkan dan rapihkan secara ekstra. Ruangan itu adalah kamar tidur, ruang keluarga/ruang duduk/ruang tamu, dan dapur/ruang makan.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara untuk Menyortir Pakaian di Lemari

Saat Membersihkan Ruang Tidur, Coba Cek Lemari Pakaian. Berapa Jumlah Pakaian yang Tidak Lagi Dikenakan, Sudah Tidak Muat, dan Lainnya. Kenapa Kamu Tidak Menyumbangkannya? (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Pertama, kamar tidur. Coba cek berapa pakaian yang sudah lama tidak dipakai? Ingat ya, ini berlaku tidak hanya untuk kamu, tetapi juga pasangan dan putra putri.

Silahkan lihat mungkin ada gamis, kerudung, atau mukena yang sudah jarang dipakai. Tengok juga mungkin ada baju koko pasangan yang mungkin sudah terlalu banyak. Bagaimana juga dengan baju lebaran anak yang masih bagus, tetapi sudah tidak muat?

Jika ada pakaian, sarung, mukena, atau lainnya yang masih bagus, dan kamu sudah tidak memakainnya lagi, kenapa tidak menyumbangkannya kepada orang lain? Baju ini bisa jadi baju baru bagi orang lain. Tidak usah takut beramal lho, apalagi di bulan baik seperti Ramadan.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 5 Cara Bikin Rumah Rapi dalam 5 Menit Doang

Ruang Tamu/Ruang Duduk/Ruang Keluarga Tidak Boleh Luput Dibersihkan. Majalah, Koran, Tabloid Bekas Biasanya Menumpuk di Ruangan Ini (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Kedua, ruang keluarga/ruang duduk/ruang tamu. Nah, kalau ruangan ini, coba deh apakah ada majalah bekas, tabloid lama, buku jadul, dan lainnya?

Belum lagi tumpukan brosur saat belanja, tagihan, atau lainnya. Tanpa kamu sadari, ada banyak barang yang bertumpuk di rak, lemari, atau tempat menaruh majalah.

Buang semua yang tidak terpakai. Mungkin kamu hanya perlu menyisakan beberapa buku bagus yang bisa mempercantik lemari, rak dinding, atau coffee table.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: 2 Hal yang Bikin Handuk Jadi Bau

Jangan Lupa untuk Membersihkan Dapur. Sisa Masakan, Bumbu Dapur yang Berantakan, Makanan Sisa, dan Lainnya Pastinya Ada di Lemari Makan, Lemari Es, atau Kitchen Set (Foto: Rumah123/Realestate.com.au)

Ketiga, dapur/ruang makan. Wah, ini termasuk pekerjaan rumah yang paling menyita waktu nih. Kamu terlalu sibuk, jadi lupa untuk mengecek lemari es, lemari makan, dan kitchen set.

Berapa banyak sisa makanan yang menempel pada lemari es. Pasti banyak banget. Sebenarnya, kamu harus merapikan lemari es setiap beberapa pekan sekali.

Jangan lupa lemari dan kitchen set. Biasanya bumbu dapur berantakan, sisa bekas memasak, dan lainnya. Pastikan kamu membersihkannya ya. Yuk, mulai awal yang baik dari rumah. By the way, banyak artikel-artikel menarik mengenai tips rumah di Rumah123.com.

Baca juga: Tips Bersih Rumah: Berapa Lama Sih Harus Ganti Barang-barang di Kamar Mandi

Bagikan: 497 kali