Sebelum Membuat Polisi Tidur, Ternyata Harus Meminta Izin ke Pemerintah Lho (Foto: Rumah123/Otodriver.com)

Jangan salah ya, kamu nggak bisa membangun polisi tidur sembarangan. Kamu harus meminta izin kepada pemerintah setingkat wali kota.

Bagi yang tinggal di kompleks perumahan atau kawasan padat penduduk, pasti sudah tahu apa itu polisi tidur. Apalagi sering kali ada tambahan tulisan yang bernada memperingatkan para pengendara yang ngebut.

Polisi tidur merupakan bagian jalan yang ditinggikan yang terbuat dari material aspal, semen, atau karet. Polisi tidur dipasang melintang di jalan sebagai pertanda bagi pengendara untuk memperlambat kecepatan kendaraan.

Baca juga: Sudah Tahu Kalau Ada Rekayasa Lalu Lintas di Stasiun Bekasi

Sebenarnya, polisi tidur ini merupakan alat pembatas kecepatan atau marka kejut. Lantaran itu juga, ketinggiannya harus diatur. Biasanya, ada rambu pemberitahuan mengenai keberadaan polisi tidur terutama untuk malam hari.

Sayangnya, polisi tidur di Indonesia lebih banyak bertentangan dengan desain yang sudah diatur oleh keputusan Menteri Perhubungan. Hal ini terkait dengan keamanan dan keselamatan para pemakai jalan.

Kompas.com melansir pemberitahuan yang disampaikan oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta melalui akun Instagram @dishubdkijakarta. Ada pernyataan yang mengungkapkan “bikin polisi tidur di lingkungan perumahan atau jalan perumahan harus seizin tingkat wali kota lho, jadi tidak boleh sembarangan.”

Baca juga: Tabrak Pejalan Kaki, Uber Hentikan Sementara Uji Coba Mobil Tanpa Sopir

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Selatan Christianto menambahkan kalau masyarakat bisa membangun polisi tidur, tapi harus ada izin. Setelah ada izin, Dinas Perhubungan setempat akan memberikan arahan bagaimana membuat polisi tidur sesuai standar pemerintah.

Dinas Perhubungan memang terus mengadakan sosialisasi mengengai aturan penyelenggaraan polisi tidur. Kalau membangun polisi tidur sembarangan tentunya dapat membahayakan pengendara motor.

Nah, sekarang kamu tahu kan kalau membuat polisi tidur harus meminta izin dulu. Jangan asal membuatnya lho, nanti ada pengendara yang celaka.

Baca juga: 55 Persen Korban Kecelakaan Lalu Lintas Adalah Kaum Milenial, Hati-hati di Jalan Ya Gaes

Maksud dari keberadaan polisi tidur ini memang baik agar pengendara mengurangi kecepatan. Apalagi kalau banyak anak kecil yang bermain di jalan raya.

Namun, pembuatannya memang harus sesuai standar. Kalau tidak, nanti banyak orang yang celaka lantaran polisi tidur.

Bagikan: 675 kali