Foto: Rumah123/iStock

Kucing dan anjing memang hewan peliharaan yang menyenangkan di rumah. Mereka tak hanya membawa kegembiraan seisi rumah, namun  sekaligus juga satu ton bulu di seluruh rumah.

Nah, untuk mencegah ledakan bulu hewan peliharaan di rumah, simak tips di bawah ini yang dikutip dari realestate.com.au. Kamu dengan mudah bisa menghilangkan bulu-bulu mereka dari furnitur, lantai, dan, pakaianmu.

Membebaskan Lantai dari Bulu

Cara yang paling efektif untuk menjaga agar lantai bebas dari bulu adalah dengan membersihkannya sebersih-bersih mungkin setidaknya seminggu sekali. Sebagai alternatif, vakum robot bisa melakukan hal ini tanpa kamu harus repot-repot.

Melepaskan bulu hewan peliharaan dari lantai kayu dan ubin: Pel debu listrik, semisal Swiffer, akan menyedot bulu secara instan. Kamu juga bisa menggunakan kain mikrofiber (microfibre) sebagai pengganti pel debu listrik. Jaga pangkal penyedotnya tetap kering, arahkan perlahan di atas lantai dengan gerakan "W" agar tidak ada buku yang luput.

Foto: Rumah1123/iStock

Melepaskan bulu hewan peliharaan dari karpet: Taburkan sedikit baking soda di atas karpet sebelum menyedot debunya. Cara ini untuk melonggarkan ikatan antara bulu dengan serat karpet. Sekaligus cara ini bisa merupakan deodorisasion bagi karpetmu.

Baca juga: 3 Hal Penting Sebelum Kamu Memutuskan Pelihara Hewan

Kamu akan kaget deh melihat betapa banyak bulu yang terkumpul setelah kamu menyedot debu karpet. Jika kamu perhatikan ada sudut atau tepi karpet yang bwerwarna lebih gelap, kemungkinan ini disebabkan oleh bulu yang menumpuk. Ambil sarung tangan karet, basahi, dan kemudian dengan jari telunjukmu susuri sepanjang tepi atau bagian yang lebih gelap itu.

Menghilangkan Bulu dari Permukaan Kayu dan Kaca

Melepaskan bulu hewan peliharaan juga kamu lakukan pada bagian-bagian khusus, yakni kusen jendela (tempat kucingmu suka bertengger di bawah sinar matahari). Caranya sederhana saja, ambil kain mikrofiber dan sedikit spritz (pembersih) dengan air. Semprotkan saja seperti kamu menyemprot parfum.

Foto: Rumah123/iStock

Kalau kamu menggunakan lap basah, akan meninggalkan bekas goresan yang jelek karena bulu yang menempel di situ. Perlahan bersihkan bagian tersebut dengan kain dan kebras bersih-bersih di luar ruangan sebelum memulai lagi di bagian yang lain.

Melenyapkan Bulu di Kain Pelapis Sofa/Gorden

Kertas penghilang bulu bisa dibeli dari Ikea atau toko bahan makanan. Cukup potong kertas lengket tersebut dan hamparkan ke permukaan kain sofa atau gorden. Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan squeegee atau talang karet lantas menariknya untuk meraup bulu.

Foto: Rumah123/iStock

Menghilangkan Bulu di Selimut dan Pakaian

Jika hewan peliharaanmu memiliki tempat favorit untuk bersantai, maka perlaknya tinggal kamu bawa ke luar ruangan untuk membuang semua bulu. Lalu, cucilah.

Foto: Rumah123/iStock

Masukkan perlak ke dalam mesin cuci seperti mencuci kain wol biasa. Tambahkan setengah cangkir cuka putih untuk membantu membebaskan perlak dari bulu dan melonggarkan bulu ekstra.

Tempatkan di pengering selama 10 menit pada pemutaran non-panas. Bulu yang masih ada akan ditarik dan ditangkap oleh penangkap serat. Proses yang sama bisa dengan mudah kamu lakukan pada pakaian untuk membebaskannya dari bulu.

 
Bagikan: 3193 kali