Masterplan Savasa yang Dikembangkan oleh Sinar Mas Land dan Panasonic Group (Foto: Rumah123/Dodiek Dwiwanto)

Panasonic Group berekspansi ke Indonesia dengan menggandeng Sinar Mas Land. Keduanya berkolaborasi untuk membangun township Savasa di Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Savasa bakal menjadi kota pintar atau smart city.

Panasonic Homes sudah berpengalaman membangun 490.000 rumah di Jepang, Taiwan, dan Malaysia. Rumah yang dibangun memiliki fitur canggih standar Jepang.

Developer akan membangun rumah dengan mempertimbangkan arah angin dan juga arah sinar matahari. Jadi tidak ada rumah yang menghadap ke barat atau timur.

Baca juga: Price Lock Sinar Mas Land Bikin Milenial Bisa Punya Hunian, Sekarang!

Semua rumah bakal menghadap utara atau selatan. Hal ini dilakukan agar rumah tidak terkena sinar matahari langsung ketika terbit dan terbenam.

Selain itu, desain ini juga dapat mengurangi pemakaian energi listrik terutama dalam penggunaan penyejuk ruangan alias AC. Jadi efisiensi energi bisa ditingkatkan.

Ini merupakan konsep desain pasif yang bisa memaksimalkan penggunaan energi alami seperti sinar matahari dan angin. Konsep ini diadopsi untuk pengembangan perkotaan dan pembangunan perumahan.

Baca juga: Panasonic dan Sinar Mas Berkolaborasi Bangun Savasa di Cikarang

Penggunaan sistem bioswale juga diperkenalkan. Air hujan ditampung, kemudian digunakan kembali untuk menyiram tanaman dan pohon di area publik. Lanskap area hijau pun bisa dipertahankan dengan baik plus bisa menghindari area perumahan dari ancaman banjir.

“Bersama dengan Sinar Mas Land, kami bertujuan untuk mencapai pembangunan kota yang berkelanjutan yang mempertimbangkan kelestarian dan keselamatan lingkungan, serta menyediakan perumahan klaster berkualitas tinggi untuk masyarakat Indonesia,” ujar President Director PT PanaHome Deltamas Indonesia, Kazuhiko Tanaka dalam rilis persnya. PanaHome merupakan perusahaan yang mengembangkan Savasa.

Pemanfaatan energi alami secara maksimal menjadi simbol dari sebuah kota pintar. Hal ini dapat meningkatkan nilai sebuah kawasan perkotaan yang berkelanjutan dan juga meningkatkan kesadaran penghuni kota mengenai lingkungan.

Baca juga:  Savasa Hadirkan Township dengan Standar Kualitas Jepang

Sejumlah sistem tenaga surya atau solar panel akan dipasang untuk memasok energi bagi lampu di kawasan publik. Lampu LED yang hemat energi juga dipasang di area publik.

Jalan utama di kawasan juga dibagi untuk kendaraan bermotor, pejalan kaki, dan juga pemakai sepeda. Jalan didesain melengkung guna mencegah pengendara melaju kencang. Kota pintar ini pun bisa jadi lebih ramah untuk pejalan kaki dan pemakai sepeda.

Bagikan: 710 kali