Ilustrasi Foto: Rumah123/Getty

 

Pilih mana? Sewa hunian atau kos di sekitar Kampus Intitut Pertanian Bogor (IPB) yang per bulannya Rp800.000 hingga Rp1,5 juta tapi gak pernah jadi milik, ataukah cicil apartemen mahasiswa Rp2 juta per bulan yang pada akhirnya jadi milik? Para orangtua mahasiswa dan investor tentunya akan lebih memilih yang kedua. Pasalnya, harga unit apartemen mahasiswa UResort (University Resort) di Bogor saat ini masih terjangkau, yakni mulai Rp250 juta.

“Jadi, kalau dihitung satu unit bisa dihuni dua mahasiswa. Sebenarnya dengan dobel investasi per orang cukup hanya menyisihkan Rp1 jutaan per bulan untuk cicilan unit apartemen tadi, apa lagi nantinya harga per unit bisa mencapai Rp350 juta (ada kenaikan harga),” kata Managing Director UResort, Rio Purnomosidi, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (2-6-2018).

Baca juga: Tol Bocimi yang ‘Seksi’ bagi Kawasan Bogor-Ciawi-Sukabumi

Memiliki luas lahan 1,5 hentare di sekitar kampus IPB, UResort pantas menyandang kata ‘resor’ karena ada pemandangan Danau Situ Gede dan hutan kota CIFOR.

Menurut Rio, pada tahap pertama akan dikembangkan 5 blok apartemen yang masing-masing setinggi 4 lantai (low rise building) dengan total 180 unit. Seluruh tipe unit untuk tahap pertama adalah Tipe Studio seluas 24,5 meter persegi. "Tipe unit yang agak luas sengaja dibuat agar memungkinkan untuk dihuni sampai dua orang tanpa mengurangi kenyamanan tinggal dan belajar," kata Rio.

Ada tiga konsep besar pembangunan UResort, kata Rio, yakni eco friendly, edu friendly, dan research friendly. Konsep eco friendly mencakup arsitektur bangunan yang lebih menonjolkan harmonisasi dengan lingkungan sekitar berikut nuansa alam hijaunya. Sementara konsep edu friendly yakni fasilitas-fasilitas dibuat tematik berunsur pendidikan yang kental. Sedangkan research friendly, yakni lokasi UResort yang memudahkan atau mendekatkan jarak mahasiswa IPB yang sedang melakukan penelitian.

"Ketiga konsep ini akan jadi satu kesatuan holistik yang juga saling terintegrasi, sehingga tidak hanya sebuah bangunan semen dengan atap, tetapi sebuah ekosistem yang dikhususkan untuk dapat memenuhi dan mendukung seluruh aktivitas dan kebutuhan mahasiswa," kata Rio.

Baca juga: Transjabodetabek Premium, Transportasi Alternatif untuk Mobilitas Bogor-Jakarta

Rio mengatakan, tinggal di apartemen mahasiswa bisa berdampak lebih positif ketimbang kost yang umum. Di apartemen, mahasiswa dikelilingi lingkungan yang lebih produktif dan dilengkapi banyak fasilitas bertema pendidikan. Semisal minggu lalu, PT Prima Permata Agung, pengembang UResort, dan Badan Eksekutif Mahasiswa KM-IPB menjalin kerja sama untuk meningkatan kualitas kegiatan kemahasiswaan. Juga penyediaan hunian terpadu khusus mahasiswa dan fasilitas pendukungnya di lingkungan kampus tersebut.

Penandatangan kerja sama antara kedua pihak tersebut disaksikan oleh Rektor IPB, Dr Arif Satria, para dekan dan BEM KM-IPB. Ketua BEM KM-IPB, Qudsyi Ainul Fawaid, mengatakan, kebutuhan hunian ideal saat ini bisa dipenuhi oleh UResort, baik bagi mahasiswa maupun calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di IPB.

Jumlah mahasiswa di IPB tahun lalu mencapai lebih dari 20.000 orang. Ada sekitar 5.000 mahasiswa baru setiap tahunnya yang menempuh pendidikan di kampus tersebut. "Jadi, kebutuhan hunian masih besar dan ini bisa menjadi alternatif, apalagi didukung dengan konsep tematik pendidikan yang komprehensif sehingga bermanfaat buat mahasiswa," katanya meyakinkan.

Jadi, gimana? Beli ajalah!

Bagikan: 551 kali