Ilustrasi Remaja (Foto: Rumah123/iStock REA Group)

Sejumlah insiden saling ejek di media sosial berakhir maut. Bahkan sejumlah pelaku yang masih remaja. Hadeuh, cuman gara-gara masalah sepele, bisa nggak akur ya.

Kepolisian Metro Bekasi menangkap seorang remaja di rumahnya pada Kamis (08/03/2019). Dia dan rekannya terlibat saling bacok dengan korban. Korban tewas satu hari sebelumnya.

Pemicunya sepele. Sebelumnya, mereka saling ejek melalui video call aplikasi WhatsApp. Lantas mereka pun saling menantang berkelahi.

Baca juga: Gila Medsos, Milenial Ogah Gaul sama Tetangga. Tiati Gila Beneran!

Kepolisian Resort Jakarta timur mengamankan tiga tersangka yang diduga terlibat tawuran di area Ciracas, Jakarta Timur pada Ahad (11/2/2019). Tawuran ini menewaskan dua pelajar sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP).

Dua tersangka masih berusia 14 tahun, sedangkan satu lagi berumur 16 tahun. Sebelumnya, korban dan pelaku saling ejek di media sosial.

Kepolisian Sektor Medan Satria, Bekasi menangkap empat pelaku pengeroyokan dan pembacokan terhadap seorang siswa SMP pada Sabtu (01/12/2018). Para pelaku juga masih duduk di bangku SMP dan rata-rata baru berusia 14-15 tahun.

Baca juga: Klub Boleh Beda, Tapi Para Pemain Prancis Pilih Bertetangga di Inggris

Penyebab masalahnya lagi-lagi sama ya karena saling ejek di media sosial. Beruntung korban tidak kehilangan nyawa.

Bayangin aja gaes, para pelaku masih remaja, masih bocah, tetapi mudah tersinggung gara-gara saling ejek di media sosial. Masih kecil sudah berani membacok atau menusuk orang? Masih kecil sudah mudah tersinggung? Gimana kalo gede ya gaes?

Banyak masalah sepele yang kemudian berujung maut. Senggolan di jalan raya, saling ledek, tidak senyum, dan lainnya bisa membuat orang kehilangan akal sehat dan kemudian mengambil nyawa orang lain.

Baca juga: Hanya 16% Kaum Milenial yang Bergaul Sama Tetangga

Katanya bangsa Indonesia punya senyum yang ramah, mudah bergaul, toleran, dan akur. Kalau kayak begini, bingung kan?

Nah, mulai sekarang, jadi dong orang Indonesia yang ramah dan akur. Ga ada lagi cerita berantem, berselisih, atau bertengkar. Ga usah saling ledek. Buat kamu generasi milenial, ajarkan adik-adik untuk tersenyum dan ramah supaya bisa akur.

Selain itu, ada aktivitas lainnya yang bisa dilakukan bersama seperti berolahraga bersama. Kalo bermain sepak bola atau futsal kan mesti rame-rame tuh, mendingan juga olahraga, ketimbang berantem. Kalau akur enak kan?

Baca juga: Kaum Milenial Tuh Sensitif Banget Sama Tetangga, Yaah Gimana Mau Akur

Bagikan: 2056 kali