Studio Desain Asal Belanda, The New Raw Berkolaborasi dengan Lembaga Penelitian Asal Yunani, Zero Waste Lab untuk Mendaur Ulang Sampah Menjadi Furnitur yang Ditempatkan di Ruang Publik (Foto: Rumah123/Designboom/Marily Konstantinopoulou)

The New Raw dan Zero Waste Lab bekerja sama untuk mengolah sampah plastik menjadi furnitur 3D atau cetakan tiga dimensi. Furnitur ini bisa ditaruh di ruang publik.

The New Raw merupakan studio desain dan lembaga riset yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda. Sementara Zero Waste Lab adalah lembaga penelitian di Thessaloniki, Yunani.

Keduanya berkolaborasi dalam proyek inisiatif yang mengajak warga untuk membawa sampah plastik ke laboratorium. Masyarakat dapat membuat furnitur jalanan yang didesain sendiri.

Baca juga: Siap-siap Ya, Pemakaian Kantong Plastik di Jakarta Bakal Dilarang

Zero Waste Lab memiliki fasilitas daur ulang. Selain itu, lembaga ini mempunyai robot yang dapat mencetak tiga dimensi.

Proyek ini mengajak masyarakat untuk ikut mendaur ulang sampah plastik sekaligus mengubah ruang publik. Sampah plastik menjadi masalah di banyak negara termasuk Indonesia.

Masyarakat juga bisa berpartisipasi dalam pemberdayaan ekonomi dan juga mendesain furnitur yang dibutuhkan untuk kawasan tempat tinggal mereka.

Baca juga: Material yang Mirip Plastik Tapi Ramah Lingkungan Lho

The New Raw dan Zero Waste Lab membuat proyek yang bisa mengubah sampah plastik menjadi beragam hal. Tidak hanya furnitur, tetapi juga rak sepeda, alat kebugaran kecil, pot tanaman, tempat makan anjing, rak buku, dan masih banyak lagi.

Sejak 2018, sudah ada lebih dari 3.000 desain produk yang telah didaftarkan. Setiap produk yang telah dibuat memiliki tag metal yang berisi jumlah kilogram plastik yang sudah didaur ulang.

Proyek ini berencana untuk melakukan daur ulang sampah plastik sebanyak empat ton. Jumlah ini sama dengan sampah yang dihasilkan 14 rumah tangga di Yunani. Kalau di Indonesia, gimana ya?

Baca juga: Ga Nyangka Kalau Bangunan Keren Ini Memanfaatkan Material Bekas dan Sampah

Bagikan: 2215 kali