Ilustrasi Desain Interior Ruangan (Foto: Rumah123/Getty Images)

Masyakarat Indonesia berkeinginan tinggi untuk berwirausaha, namun jumlah para wirausaha masih sedikit. Padahal banyak peluang berwirausaha, salah satunya industri desain interior. Mungkin kamu tertarik?

Taco menyelenggarakan talkshow bertajuk Taco Empowers Creative Millennial di Indonesia Building Technology (Indo Build Tech) 2019 di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD City, Tangerang, Banten pada Kamis (21/03/2019).

Taco merupakan market leader untuk produk high pressure laminates (HPL) di Indonesia. Produk ini dapat diaplikasikan untuk interior ruangan.

Baca juga: Mau Tahu Perkembangan Terkini Desain Interior?

Sejumlah narasumber dihadirkan yaitu VP Corporate Marketing Taco Satria Utama, desainer interior Alex Bayusaputro, co-founder Dekoruma.com Dimas Harry Priawan, dan pengusaha furnitur Virgo Artadinata.

Global Entrepreneurship Monitor melaporkan kalau 24 masyarakat Indonesia mempunyai keinginan tinggi untuk berwirausaha, khususnya dari generasi milenial. Namun, jika membandingkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) 2017 yang mengungkapkan bahwa jumlah wirausaha di Indonesia hanya 3,1 persen dari populasi.

Sebenarnya, banyak sektor industri yang dapat dikelola, salah satunya industri desain interior. Taco berinisiatif untuk menggugah generasi milenial untuk berwirausaha.

Baca juga: Gaet Calon Konsumen, Nino Fernandez Perhatikan Desain Interior Cafe

“Pertumbuhan industri desain interior telah menjadikannya salah satu subsektor Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia yang memiliki kontribusi sebesar 7,33 persen dalam pertumbuhan ekonomi nasional,” ujar Satria seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima oleh Rumah123.com.

Asosiasi Himpunan Interior Desain Indonesia mengungkapkan bahwa bisnis interior desain tumbuh sebesar 50 persen sejak 2017

Alex memaparkan bahwa pelaku industri desain interior Indonesia sudah cukup kreatif. Apalagi industri desain telah berevolusi menjadi sebuah komoditas yang dapat diakses oleh berbagai kalangan.

Baca juga: Kaum Milenial, Generasi Visual yang Punya Pengaruh Bagi Industri Desain Interior

Meski demikian, para pelaku industri ini masih memiliki beberapa tantangan seperti belum tekun, kurang gigih, kurang adaptif, serta produktivitas rendah, dan efisiensi rendah.

Virgo yang merupakan pelaku usaha memaparkan tantangan ini lebih lanjut. Banyak pelaku industri khususnya furnitur belajar otodidak, belum paham soal pasar, dan mengalami kesulitan dalam memasarkan produk.

Sebenarnya, masih banyak lagi permasalahan yang dihadapi para pelaku industri desain interior. Taco sebagai salah satu produsen produk interior melakukan banyak hal untuk memberdayakan para pelaku industri, salah satunya dengan melakukan edukasi.

Baca juga: Taco Tawarkan Produk untuk Wirausaha yang Membidik Pasar Milenial

Bagikan: 536 kali