Desainer Produk Asal Belanda, Tjeerd Veenhoven Mendesain Karpet dari Bahan Kulit Pohon Palem (Foto: Rumah123/Dezeen)

Desainer produk asal Belanda, Tjeerd Veenhoven membuat karpet yang terbuat dari material dari pohon palem. Material ini bisa menjadi alternatif selain kulit hewan.

Material ini dirajut menjadi satu. Pastinya ada ketidaksamaan pola pada material ini, namun karpet ini tetap terlihat cantik. Kamu pasti ingin menaruhnya di ruang keluarga rumah.

Veenhoven mulai melakukan eksperimen pertama kalinya dengan material pohon palem sejak delapan tahun. Dia tertarik untuk menggunakan serat alam dari kulit dan daun pohon.

Baca juga: Wuih, Tangga Terlihat Mewah dengan Pelapis Karpet

Dia meminta salah seorang temannya yang berada di India untuk mengirimkan sejumlah material sehingga dia bisa melakukan penelitian. Veenhoven mulai bereksperimen dengan material tersebut.

“Saat meneliti material ini, saya temukan kalau material ini sangat keras dan tidak bisa digunkanan, tetapi kalau Anda bisa melembutkan dengan bahan khusus seperti gliserin dan air, maka material ini bisa terlihat indah dan lembut,” tutur Veenhoven kepada Dezeen.

Dia dan timnya melakukan percobaan untuk menemukan bahan yang tepat. Dia membuat sejumlah produk percobaan dengan sejumlah perusahaan.

Baca juga:  Taruh Dong Karpet dalam Ruang Tidur Kamu

Setelah menyelesaikan percobaan di Belanda, Veenhoven memproduksi karpet ini di India dan kemudian pindah ke Republik Dominika.

Kesuksesannya ini berbuah manis. Sejumlah perusahaan otomotif tertarik untuk menggunakan material kulit pohon untuk interior kendaraan. Tentunya untuk menggantikan material kulit hewan pada jok mobil.

Veenhoven terus melakukan percobaan dengan memakai sejumlah material alternatif di studionya di Groningen, Belanda. Kalau melihat fotonya, karpet dari material palem nggak kalah keren kan? Kamu mau beli nggak?

Baca juga:  Karpet Sebagai Aksen untuk Percantik Ruangan

Bagikan: 527 kali