Arsitek Gayuh Budi Utomo Mendesain Rumah dengan Pintu yang Bisa Menjadi Jendela dan Meja (Foto: Rumah123/Designboom)

Rumah ini bernama Omah Amoh. Hunian ini dibangun dari material bekas. Yang menarik pintu bisa menjadi jendela, meja, atau kembali ke fungsi dasarnya sebagai pintu.

Dari namanya, Omah Amoh memang berasal dari bahasa Jawa yang artinya rumah rusak. Namun, rumah ini tidak rusak, namun memang dibuat dengan memanfaatkan material bekas dan juga detil dari barang lama.

Designboom melansir arsitek Gayuh Budi Utomo yang mendesain rumah ini. Hunian dengan luas 82 meter persegi ini berada di Sidoarjo, sebuah kota kecil tidak jauh dari ibu kota provinsi Jawa Timur, Surabaya.

Baca juga: Ganti Dulu Pintu Depan Sebelum Jual Rumah

Gayuh memanfaatkan sejumlah material bekas dalam membangun rumah ini. Hal ini bisa dilihat dari seluruh bagian rumah.

Pintu bisa didesain menjadi jendela dan meja. Salah satunya yang menjadi meja ada di lantai dua. Saat dibuka, bagian ini berubah fungsi menjadi meja. Asyik ya nongkrong di lantai dua dengan kaki ke bawah.

Arsitek juga mengaplikasikan interior bergaya Indonesia dalam seluruh ruangan. Lantai memakai ubin tradisional seperti tegel kunci.

Baca juga: Ga Perlu Kunci Pintu Rumah Kalau Tinggal di Sini

Sementara dekorasi dilengkapi dengan sejumlah elemen asli. Hal ini bisa dilihat dari rak dari beton atau rak dari pipa besi. Dinding juga merupakan beton ekspos.

Ada pintu kayu khas Jawa, kain-kain tradisional yang dipajang di dinding, pajangan kuda lumping, meja lama dari material kayu, dan masih banyak lagi. Semua ini diintegrasikan ke dalam bagian dari rumah.

Keren juga ya punya rumah dengan konsep seperti ini. Ada beragam perpaduan mulai dari desain terbuka, ada unsur industrial, dan juga tradisional.

Baca juga: Jendela dan Pintu Besar untuk Menikmati Pemandangan Indah

Rumah dengan Beton Ekspos Ini Juga Memajang Kain Tradisional Nusantara (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 2426 kali