Bangunan yang Didesain Ulang Oleh LGA Architectural Partners (Rumah123/Dezeen)

Sebuah gudang industri dialihfungsikan menjadi rumah singgah untuk anak muda yang tidak memiliki tempat tinggal sendiri. Alih fungsi yang keren kan?

Biro arsitek asal Kanada, LGA Architectural Partners yang melakukan hal ini. Firma ini berkolaborasi dengan biro arsitek lainnya ERA Architects dalam pengerjaan proyek milik lembaga nirlaba EVA.

Baca juga: Desain Kampusnya Keren, Siapa Mau Kuliah Lagi?

EVA merupakan lembaga non profit yang berinisiatif untuk menyediakan tempat tinggal dan fasilitas kesehatan bagi anak-anak muda kurang beruntung di kota Toronto, Kanada.

LGA Architectural Partners mengubah bangunan gudang yang memiliki sejarah panjang di Toronto. Gedung ini dibangun pada era 1930-an.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Untuk membuat gudang menjadi hunian yang lebih kekinian, biro arsitek mengaplikasikan cat putih pada dinding yang sebelumnya merupakan bata ekspos.

Lantai bangunan dibuat lebih mengkilap serta ada aplikasi sejumlah warna pastel pada beberapa bagian dinding. Bagian atas gedung dipasang skylight agar sinar matahari bisa masuk.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Gudang yang beralih fungsi ini pun terlihat seperti rumah kaca. Pada bagian selasar, LGA Architectural Partners menambahkan sejumlah tempat duduk, tempat tanaman dalam bentuk besar, serta beberapa alat permainan.

Selain itu, masih ada teras yang dapat dipergunakan oleh penghuni untuk bersantai dan bersosialisasi. Biro arsitek menyediakan sejumlah tempat berkumpul.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Rumah singgah ini bisa memiliki kapasitas 50 tempat tidur. Fasilitas lainnya adalah kamar mandi, dapur, dan ruang tamu.

“Proyek ini adalah melakukan hal yang benar untuk anak-anak, lingkungan sekitar, dan kota. Arsitektur menjadi hasil dari keinginan dan kolaborasi antara komunitas EVA, tim desain dan konstruksi, serta dewan kota,” ujar co-founder LGA Architectural Partners, Dean Goodman kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Wah, keren ya kalau bisa mengubah bangunan yang sudah tidak terpakai lagi, dialihfungsikan menjadi lebih berguna.

Seandainya ada bangunan yang tidak terpakai bisa diubah sebagai tempat tinggal dan fasilitas belajar  anak terlantar, pasti sederetan masalah sosial bisa terselesaikan dong.

Bagikan:
1469 kali