Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Pembangunan hunian terutama apartemen mewah terus meningkat belakangan ini. Bahkan, apartemen baru mulai membanjiri pasar.

Hal ini membuat para pemilik apartemen atau investor pusing, sementara bagi para penyewa ini merupakan peluang besar untuk mendapatkan sewa hunian yang lebih murah.

Baca juga: Perusahaan E-Commerce Dominasi Permintaan Ruang Perkantoran CBD

Ini terjadi di ibu kota Inggris, London. Maraknya pembangunan apartemen baru membuat harga sewa menurun dan memberikan kesempatan langka bagi para penyewa.

“Kalau kamu seorang penyewa, mungkin tidak pernah ada pilihan seperti ini. Anda benar-benar bisa mendapatkah hunian dengan harga rendah,” ujar Christian Barr seperti dikutip oleh Mansion Global. Bar adalah manajer broker properti MyLondonHome.

Baca juga: Cicilan KPR Sampai Umur 70 Tahun? Kenapa Ga Bisa?

Bagian Selatan Sungai Thames, dari London Bridge hingga Nine Elms, harga sewa per pekan pada periode April hingga Juni menurun 6,5 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu menjadi US 740 dollar (Rp 9,6 juta) per pekan.

Sementara pada distrik bisnis Canary Wharf yang berada di Timur London harga sewa menurun 5,1 persen menjadi US 538 dollar (Rp 7 juta) per pekan. Sebenarnya apa yang hal yang sama dari dua daerah ini?

Baca juga: Rumah123 Raih Penghargaan Indonesia Original Brand 2017

“Keduanya memiliki jumlah pasokan hunian yang masuk ke pasar lebih tinggi dari rata-rata daerah lain,” ujar Head of Research LonRes, Marcus Dixon.

Pembangunan apartemen terutama apartemen mewah dan kondominium di London memang naik setelah krisis keuangan pada 2008. Bagi warga non Inggris, bisnis properti di London menjadi tempat aman untuk berinvestasi selama masa pasang surut ekonomi.

Baca juga: Pasokan Bertambah, Permintaan Meningkat, Namun Tingkat Hunian Menurun

LonRes melansir kalay harga properti di Inggris naik 9,6 persen per tahun antara 2010 hingga 2014. Kenaikan harga membuat permintaan pasokan apartemen mewah bertambah. Hasilnya, perusahaan pengembang terus membangun.

Hmm, mumpung harga apartemen di London sedang turun, kamu nggak tertarik untuk bekerja atau mengambil S2 dan S3 di sana?

Baca juga: Penghargaan untuk Rumah123 Buktikan Keunggulan Merek Lokal

Apa yang terjadi di Inggris ini bisa menjadi pelajaran bagi kamu lho, baik sebagai investor atau pun penyewa. Kalau pasokan hunian banyak, kamu sebagai investor harus berhati-hati karena harga sewa bisa saja turun drastis.

Sebaliknya, bagi kamu yang ingin menyewa, tentunya hal ini menjadi kabar gembira karena kamu memiliki banyak pilihan karena jumlah pasokan meningkat plus harga yang lebih miring dibandingkan biasanya.

Bagikan: 1842 kali