LRT Jakarta- Rumah123.com Pengelola LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu), PT LRT Jakarta Berencana Untuk Memperpanjang Rute Fase I yang Diuji Coba Saat Ini. Rencana Perpanjangan Koridor Sampai Ke Manggarai, Jakarta Selatan dan Sunter, Jakarta Utara (Foto: Rumah123/Getty Images)

Pengelola LRT (Light Rail Transit/Lintas Rel Terpadu) Jakarta, PT LRT Jakarta akan memperpanjang rute LRT fase I, Kelapa Gading-Rawamangun hingga ke Manggarai dan Sunter. Wacana ini masih dibahas di level Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Operator LRT Jakarta masih menguji coba LRT fase I yang menghubungkan Kelapa Gading, Jakarta Utara dengan Rawamangun, Jakarta Timur. Uji coba ini dilakukan untuk kedua kalinya. Masyarakat bisa mendaftar untuk ikut uji coba.

Seperti dikutip oleh Kompas.com, Direktur PT LRT Jakarta, Allan Tandiono menyatakan kalau Jakpro dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang membahas perpanjangan koridor. Hal ini sudah masuk ke dalam KSD (kegiatan strategis daerah) DKI Jakarta. Jakpro atau Jakarta Propertindo adalah badan usaha milik daerah (BUMD) yang membangun infrastruktur di Jakarta.

Baca juga: LRT Jakarta Kembali Lakukan Uji Publik Sebelum Beroperasi Secara Komersial

Setelah menyelesaikan uji coba fase I ini, pengelola ingin memperpanjang rute yang berada di sisi selatan dari Rawamangun hingga Manggarai, Jakarta Selatan. Begitu juga dengan rencana perpanjangan rute di sisi utara dari Kelapa Gading menuju ke Sunter, Jakarta Utara.

Manggarai memiliki sejumlah transportasi massal seperti bus Transjakarta dan kereta rel listri (KRL) commuter line. Namun, keduanya belum terintegrasi.

Sementara Sunter nantinya akan mempunyai Jakarta International Stadium, stadion besar berskala internasional yang akan menjadi home base klub kebanggaan masyarakat Jakarta, Persija Jakarta.

Baca juga: Mau Ikut Uji Publik LRT Jakarta? Mudah Kok Cara Daftarnya

Allan menyatakan perpanjangan koridor hingga wilayah Sunter memang untuk menyediakan moda transportasi massal dari dan menuju Jakarta International Stadium.

“Untuk stadion kelas dunia di negara maju itu memang ada angkutan massal masuk ke stadion. Jadi sekarang yang dikejar itu LRT dari Kelapa Gading akan diprioritaskan perpanjangan koridornya ke Jakarta Internasional Stadium,” kata Allan.

Pembangunan perpanjangan koridor ini belum bisa dipastikan. Pembangunan infrastruktur biasanya terkendala sulitnya pembebasan lahan dan pemindahan utilitas.

Baca juga: Tingkatkan Minat Penumpang, LRT Palembang Tambah Jumlah Perjalanan

Sebenarnya, LRT Jakarta memiliki sejumlah rute. Selain rute Kelapa Gading-Rawamangun, rencananya ada rute Velodrome di Jakarta Timur hingga Tanah Abang, Jakarta Pusat sepanjang 11,8 kilometer.

Situs Beritasatu.com juga pernah melansir sejumlah rute LRT Jakarta pada 2015 lalu. Beberapa rute tersebut di antaranya adalah Kemayoran-Kelapa Gading sepanjang 21,6 kilometer, Joglo-Tanah Abang sepanjang 11 kilometer.

Lantas ada Puri Kembangan-Tanah Abang sepanjang 9,3 kilometer, Pesing-Kelapa Gading sepanjang 20,7 kilometer, Pesing-Bandara Soekarno Hatta sepanjang 18,5 kilometer, serta Cempaka Putih-Ancol sepanjang 10 kilometer.

Baca juga: Ada Proyek LRT Jabodebek, Jalan Setiabudi Tengah Ditutup Hingga September 2020

Namun, memang belum ada perkembangan kabar selanjutnya mengenai LRT Jakarta. Rute atau koridor mana yang akan dibangun.

Selain LRT Jakarta, Jakarta juga memiliki LRT Jabodebek yang sedang membangun tiga layanan yaitu Cawang-Cibubur, Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, dan Cawang-Bekasi-Timur.

Bagikan: 18664 kali