Environmental Conservation Concepts,Green building house Development, Magnifier Scrutiny Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mengatakan, kendala Program Sejuta Rumah adalah ketersediaan tanah.

“Negara kita tidak punya lahan, jadi sangat sulit untuk menyediakan rumah MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Ini menjadi tantangan luar biasa bagi pemerintah dan pengembang rumah MBR,” ucapnya pada acara Munas REI ke-XV di Jakarta, Selasa (29/11).

Baca juga: Daftar Perizinan Rumah Murah yag Dihapus PKE XIII

Sofyan menilai, pada awal Program Sejuta Rumah dicanangkan, pemerintah memang kurang memperhatikan aspek ketersediaan lahan. Saat ini landbank yang ada telah dikuasai oleh pihak swasta.

Sedangkan Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Endang Try Setyasih, menuturkan, telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) agar membantu penyediaan lahan bagi pengembang MBR.

Baca juga: Ssssstttt.. Aturan Perizinan Perumahan Dipermudah, Lho!

"Kami akan mengidentifikasi aset lahan di daerah melalui Pemda. Dan mereka akan melaporkan apakah lahan tersebut bisa diperuntukkan buat pembangunan rumah MBR atau tidak," katanya. (Wit)

 
Bagikan: 1323 kali