Ilustrasi Rumah. Para Pencari Informasi Properti Atau Property Information Seeker Meningkat Persentasenya Dalam Sentiment Survey 2019 yang Dilakukan oleh Situs Properti Rumah123.com. Persentasenya Naik Dua Kali Lipat Dari 2018 (Foto: Rumah123/Getty Images)

Para pencari informasi mengenai properti naik pesat belakangan ini. Hal ini terungkap dari hasil Sentiment Survey 2019 yang dilakukan oleh Rumah123.com, situs properti yang juga bagian dari REA Group Australia.

Rumah123.com kembali mengadakan Sentiment Survey dengan melibatkan 3.007 responden yang tersebar di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi) serta sejumlah kota besar lainnya.

Tim Business Intelligence Rumah123.com mengolah data yang didapatkan. Riset ini dilakukan pada 1-15 April 2019 terkait profil kepemilikan properti dan tren pasar properti.

Baca juga: Waduh, Investor Properti Indonesia Kebanyakan Masih Lugu!

Sejumlah hasil temuan terungkap dalam hasil riset ini. Salah satunya adalah meningkatnya jumlah orang yang mencari informasi terkait properti atau property information seeker.

Pada 2019 ini, persentase property information seeker mencapai 35,25 persen. Jumlahnya mengalahkan first home buyer atau pembeli rumah pertama yang tercatat 30,94 persen.

Investor properti tercatat sebesar 19,90 persen. Sisanya adalah upgrader atau mereka yang ingin membeli rumah baru untuk menggantikan rumah lama merek sebesar 9,06 persen. Urutan paling akhir adalah renter atau mereka yang menyewa sebesar 4,31 persen.

Baca juga: Mau Investasi Properti? Jadi Flipper Aja Sekalian

Country General Manager Rumah123.com, Maria Herawati Manik dalam pemaparan hasil ini pada Kamis (16/05/2019) di kantor Rumah123.com menyatakan hal ini menjadi highlight dalam riset ini.

Property information seeker ini sudah cukup banyak, cukup menarik,” kata Maria dalam pemaparannya. Dia melanjutkan bahwa semakin banyak orang yang memiliki aspirasi dalam mencari properti.

Para pencari ini tidak hanya sekedar mencari informasi mengenai pasar properti, tetapi juga aktif mencari properti untuk ditempati dan tidak ketinggalan untuk berinvestasi.

Baca juga: Orang Australia Terobsesi Investasi Properti, Kalau Orang Indonesia?

Bayangkan kalau persentase property information seeker ini melonjak tajam dibandingkan dengan 2018. Saat itu, persentasenya hanya 17,06 persen.

Persentase property information seeker memang terus merangkak naik. Pada 2017, persentasenya baru 11,59 persen. Kenaikannya memang terjadi sangat signifikan. Hmm, kira-kira kamu termasuk dalam kategori ini? Yuk, cari informasi soal investasi properti.

Bagikan: 449 kali