Firma Arsitek asal Brasil, UABI Mendesain Rumah Tanpa Jendela Pada Bagian Depan (Foto: Rumah123/Dezeen)

Hunian akan menjadi terang benderang berkat keberadaan jendela dan juga skylight. Namun, bagaimana dengan rumah yang tidak memiliki jendela?

Fasad rumah bernama Alpha House ini memang unik. Ada tiga bagian volume yang membentuk eksterior rumah.

Material yang digunakan adalah beton, kayu, dan batu. Rumah ini pun menjadi unik karena tidak memiliki jendela sama sekali pada bagian depan rumah.

Baca juga: Kalau Ada Pemandangan Indah, Bikin Jendela Rumah yang Gede Dong

Biro arsitek Brasil, UABI mendesain rumah ini. Hunian tersebut berada di Londrina, sebuah kota kecil di Brasil. Kota ini hanya memiliki penduduk sebanyak 500.000 jiwa.

Hunian dua lantai ini memiliki luas 230 m2. Namun, situs arsitektur dan desain Dezeen tidak mengungkapkan berapa jumlah kamar tidur.

Bagian depan rumah ini memang terkesan kaku dan tertutup. Hal ini karena memang AUBI tidak memasang jendela. Hal ini dilakukan karena pemilik rumah ingin memiliki privacy.

Baca juga: Skylight dan Jendela Bikin Kamar Mandi Jadi Semakin Terang, Lho!

Namun, pada sisi lainnya biro arsitek tetap memasang jendela. Malah jendela berukuran besar dan langsung terhubung dengan taman.

AUBI menciptakan taman dalam interior ruangan serta beranda di luar rumah yang saling terhubung. Semua ini membawa kehidupan alam ke dalam.

Selain itu, arsitek mengaplikasikan warna putih pada dinding dan langit-langit sehingga hunian tetap terang. Meski lantai berwarna gelap, namun karena lantai mengkilap bisa memantulkan cahaya matahari yang masuk.

Baca juga: Jendela dan Pintu Besar untuk Menikmati Pemandangan Indah

Hunian Ini Tetap Terang Berkat Jendela Berukuran Besar yang Berada di Samping Rumah (Foto: Rumah123/Dezeen)
Bagikan: 1978 kali