Rumah yang Dipasarkan oleh Avrame (Rumah123/Curbed)

Apa yang kamu inginkan kalau memiliki hunian? Tentunya kamu ingin memiliki rumah yang nyaman saat dihuni.

Selain itu, pastinya kamu ingin mempunyai rumah dengan harga terjangkau. Hmm, keinginan kamu sebenarnya nggak berlebihan kok dan malah langsung terjawab.

Baca juga: Rumah Ini Dibangun dalam 6 Jam! Masa Sih Bisa Kayak Gitu?

Produsen rumah Avrame asal Estonia mendesain dan membuat rumah dengan bentuk hurup A. Estonia merupakan sebuah negara kecil di Eropa Timur.

Founder sekaligus owner Avrame, Indrek Kuldkepp menyatakan ada 11 model rumah yang bisa dipesan. Ada yang memiliki satu kamar, dua kamar, hingga tiga kamar tidur.

Baca juga: Nih, Rumah Mikro Ala London yang Bisa Jadi Solusi Untuk Milenial Indonesia

Rumah terkecil memiliki luas hanya 56 meter persegi. Kalau di luar negeri, ukuran ini termasuk kecil sementara kalau di Indonesia ya masih lumayan kan. Apalagi rata-rata perumahan dari pengembang memiliki luas 36 meter persegi kan?

Sementara ukuran rumah yang paling luas mencapai 130 meter persegi. Rumah ini memiliki tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Keren Selebar Hanya 2,5 Meter?

Sebenarnya, rumah ini tidak dibangun melainkan dipasang dan dirakit. Alhasil, rumah ini memang efisien karena tidak perlu dibangun.

Untuk harga, Avrame mematok harga rumah termurah mulai dari 3.300 euro (Rp56 juta). Sedangkan yang paling mahal berharga 35.000 dollar AS (Rp480 juta).

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Bisa Dipasang dalam 5 Jam, Mau Punya Ga?

Hmm, harga rumah paling kecil sebenarnya murah sih ya. Tetapi, terbayang juga berapa ongkos kirim dari Estonia ke Indonesia. Kamu tertarik membangun rumah seperti ini atau malah ingin mengembangkan bisnis rumah rakitan?

Bagikan: 1786 kali