OK
Dijual
Disewa
Properti Baru
Panduan

Duduk Perkara Rumah Wanda Hamidah Digusur, Gugat Wali Kota Jakpus

17 Oktober 2022 · 3 min read Author: Nik Nik Fadlah

rumah wanda hamidah

Rumah milik Wanda Hamidah digusur oleh pihak berwenang karena tidak memiliki surat izin resmi. Simak informasinya dalam artikel berikut!

Aktris sekaligus politikus Wanda Hamidah tengah menjadi sorotan belakangan ini. Pasalnya, kediaman pribadi miliknya dieksekusi oleh petugas Satpol PP pada Kamis (13/10). 

Berdasarkan informasi yang diberikan oleh pihak kepolisian, tindakan tersebut dilakukan karena politikus Partai Nasdem ini tidak memiliki sertifikat kepemilikan yang sah atas kediamannya. 

Kapolres Metro Jaya Pusat, Kombes Komarudin mengatakan bahwa rumah yang ditempati oleh Wanda Hamidah berdiri di atas lahan milik pemerintah, sementara kepolisian hanya membantu pengamanan.

“Tanah itu aset pemerintah daerah. Jadi pemilik lama itu (Wanda Hamidah) dia hanya memegang SIP (surat izin penghunian) mulai 1979 kalau nggak salah,” kata Komarudin dikutip dari Detik.com. 

Lebih lanjut, Komarudin juga menjelaskan jika kasus tersebut tumpang tindih, di mana terdapat penertiban baru pada rumah yang hanya memiliki SIP. 

SIP Milik Wanda Hamidah Sudah Lama Tidak Berlaku

eksekusi rumah wanda hamidah

Sumber: Kompas.com

Kombes Komarudin juga mengatakan jika SIP milik Wanda sudah tidak berlaku sejak tahun 2012 silam. Untuk alasan tersebut, pihak Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan upaya penertiban.

Untuk diketahui, proses eksekusi berlangsung selama 3 jam dengan diiringi momen adu argumen di lokasi.

Meski begitu, pihak kepolisian memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi di kediaman milik Wanda Hamidah. 

Wanda Hamidah Gugat Wali Kota Jakarta Pusat

wanda hamidah

Sumber: Grid.ID

Terkait dengan proses eksekusi rumah yang dilakukan oleh pemerintah pusat, Wanda Hamidah pun tak terima dan mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta. 

Dilansir dari laman Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) PTUN Jakarta, gugatan tersebut telah didaftarkan pada Rabu (12/10), tepatnya sehari sebelum proses eksekusi dilakukan. 

Keluarga Wanda Hamidah pun akan mematuhi segala putusan PTUN yang segera bergulir pada Rabu mendatang. 

“Kami akan patuh hukum, apapun putusan pengadilan nanti akan kami patuhi. Biarkan pengadilan yang akan membuat putusan,” kata kerabat Wanda Hamidah, La Ode Budi, dikutip dari Beritasatu.com.

Kediaman Milik Japto Soerjosoemarno

Japto Soerjosoemarno

Sumber: Jatimnetwork.com

Setelah ditelusuri lebih lanjut, rumah Wanda Hamidah ternyata secara resmi dimiliki oleh Japto Soerjosoermano, yang merupakan ketua umum dari ormas Pemuda Pancasila.

Kepemilikan rumah yang terletak di Jalan Citandui Nomor 2, Cikini ini dibenarkan langsung oleh Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Jakarta Pusat, Ani Suryani. 

“2010 itu pak Japto membeli ini dari awalnya yang punya HGB (Hak Guna Bangunan),” kata Ani sebagaimana dikutip dari laman Suara.com. 

Seperti yang diketahui bahwa SIP yang dimiliki oleh Wanda Hamidah atas lahan dan bangunan telah habis masa berlakunya semenjak 2012 silam. 

Dengan kata lain, kepemilikan pindah tangan kepada Japto Soerjosoemarno, karena ia memiliki Surat Hak Guna Bangunan atas rumah yang ditempati oleh Wanda Hamidah dan keluarganya. 

***

Itulah informasi mengenai eksekusi rumah Wanda Hamidah yang menghebohkan pemberitaan belum lama ini.

Jadi, apa tanggapanmu terkait dengan kasus ini?

Temukan informasi menarik seputar properti, selengkapnya di artikel.rumah123.com dan  Google News Rumah123 sekarang juga!

Wujudkan rumah bersama selengkapnya Summarecon Mutiara Makassar di Rumah123.com dan 99.co, yang pastinya #AdaBuatKamu!


Tag: , ,


Nik Nik Fadlah

Content Writer

Lulusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan yang kini menjadi penulis di Rumah123 dan Berita 99. Memiliki pengalaman menulis di bidang kesehatan, gaya hidup, fashion, teknologi, pendidikan, hingga properti. Hobi membuat digital collage art.
Selengkapnya

IKLAN

Tutup iklan
×

SCROLL UNTUK TERUS MEMBACA