Biro Arsitek Spanyol,, Lucas Hernandez Gil Mendesain Ulang Sebuah Rumah Tua (Foto: Rumah123/Designboom)

Bangunan tua dan jadul bisa menjadi hunian yang keren dan nyaman. Salah satu kuncinya saat alih fungsi adalah mempertahankan sejumlah fitur asli.

Designboom melansir biro arsitek Lucas Hernandez Gil merancang ulang sebuah bangunan tua. Lucas Hernandez Gil merupakan firma yang berkantor pusat di ibu kota Spanyol, Madrid.

Rumah ini berada di kota kecil Villalba de los Barros, Badajoz, Extremadura, Spanyol. Bangunan ini berdiri pada abad ke-18. Ingat ya gaes, kalau sekarang abad 21. Jadi rumah ini berusia lebih dari 300 tahun.

Baca juga: Bengkel Tua Diubah Jadi 10 Rumah Mewah, Mau Ikutan Juga Ga?

Lucas Hernandez Gil mempertahankan sejumlah fitur dari abad ke-18. Namun, biro arsitek tetap memasukkan unsur kehidupan kontemporer.

Rumah ini memiliki dua lantai. Sebelum pintu masuk, ada taman kecil. Pada lantai satu ini adalah selasar, ruang tamu, dapur, ruang makan, dan beranda.

Sementara pada lantai berikutnya berisi ruang privat seperti kamar tidur dan kamar mandi. Rumah ini mempunyai empat kamar tidur dan tiga kamar mandi.

Rumah Ini Dibangun Pada Abad 1800. Arsitek Mempertahankan Sejumlah Detil Lama (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Pendapatan Bisnis “Pengabdi Setan” Gede Banget, Kamu Punya Rumah Tua Ga?

Adanya bukaan dari taman ke bangunan serta bukaan antar ruangan menciptakan keterkaitan visual. Selain itu, juga membuat ruangan menjadi terang.

Arsitek menggunakan lantai dari tanah liat yang dibakar. Sebelumnya, lantai asli hilang, namun Lucas Hernandez Gil bisa menghubungi pengrajin lokal untuk membuat yang baru.

Tukang kayu lokal juga dihubungi untuk membuat pintu dan jendela yang baru. Arsitek ingin membuat restorasi bangunan yang mempertahankan fitur asli. Hmm, kalau kamu punya rumah jadul, coba deh untuk mempertahankan fitur asli rumah.

Baca juga: Mendesain Ulang Rumah Tua Menjadi Lebih Modern Minimalis, Bisa Kok!

Arsitek Memasukkan Unsur Gaya Kontemporer Sehingga Hunian Ini Terlihat Lebih Kekinian (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 579 kali