Rumah subsidi merupakan rumah tipe kecil. Foto: Rumah123/Biro Komunikasi Kementerian PUPR
   

Rumah Tipe 36 ternyata paling diminati pasar. Jadi, gak perlu juga kamu beli yang besar! Hal ini kalau kita merujuk pada Indeks Harga Rumah atau House Price Index (HPI) yang baru saja dirilis oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. BTN House Price Index adalah indeks yang memaparkan perubahan harga rumah yang dibeli oleh konsumen.

Menurut catatan BTN, harga rumah Tipe 36 naiknya paling tinggi dibandingkan dengan  tipe lain. Rumah Tipe 36 pada Juni 2018 mencapai HPI tertinggi yakni 167,74 dengan kenaikan harga tahunan 8,4%. Sedangkan Tipe 45 sebesar 143,97 dan Tipe 70 sebesar 141.20. Berarti sejak Januari 2014 sampai dengan Juni 2018, rumah Tipe 36 mengalami kenaikan harga 67,74%.

Baca juga: Bunga Bank Naik, Ya Kamu Beli Rumah Tipe Kecil Aja! "Hal ini menggambarkan bahwa permintaan untuk rumah kecil lebih tinggi dibandingkan tipe rumah yang lebih luas, kemungkinan ini juga terkait dengan daya beli masyarakat dan permintaan dari masyarakat kelas menengah ke bawah," kata Direktur Utama BTN, Maryono, seperti dikutip Detik.com, Kamis (13-9-2018).

Menurut Maryono, rumah dengan indeks tertinggi tersebut tak lantas berarti memiliki harga termahal. Hal ini lebih menunjukkan bahwa rumah tipe kecil menjadi yang paling diminati oleh masyarakat. Permintaannya di pasar yang paling tinggi.

Baca juga: Meskipun Kini Beli Rumah Gak Harus Pake DP, Tetap Pilih Tipe Kecil Aja!

Rumah Tipe 70 mencatatkan kenaikan harga bulanan (month to month) paling tinggi pada Juni 2018 dengan kenaikan 1,13%. Berikutnya rumah Tipe 45 sebesar 0,55% dan Tipe 36 sebesar 0,51%. "Kami menyajikan House Price Index (HPI) yang sesuai dengan kondisi riil di lapangan agar pemerintah dapat memanfaatkannya untuk meramu kebijakan di sektor properti ke depan, dan agar para pengembang bisa menentukan pengembangan tipe perumahan yang tepat dan harga yang sesuai dengan harga pasar, sementara konsumen bisa mendapatkan informasi yang valid mengenai harga rumah," kata Maryono.

Baca juga: Kecil, tapi Rumah Sendiri, Masalahnya di Mana?

Sampai saat ini, BTN dikenal sebagai bank pemerintah yang mendominasi penyaluran Kredit Pemilikan Rumah (KPR) subsidi di Indonesia. Market share BTN di KPR komersial tercatat 37% sedangkan KPR subsidi 97%.

Menurut Maryono, BTN HPI kali ini memperlihatkan tren pertumbuhan harga rumah yang secara gradual terus naik. “Berbeda dengan HPI sebelumnya, yang cenderung fluktuatif," katanya.

Bagikan: 1469 kali