Jejeran rumah subsidi di kawasan Bogor. Foto. Rumah123/Dharma Wijayanto
 

Rumah subsidi memang buat bantu kamu yang gak sanggup beli rumah komersial. Soal lokasinya kamu tinggal pilih karena rumah subsidi tersebar di seluruh Indonesia. Kalau di Bogor, ada rumah subsidi bernama The Cinnamon Hills yang dikembangkan oleh Elang Group di atas lahan seluas 12 hektare.

"Meski pasar tengah terpuruk, namun pasar rumah subsidi akan terus ada. Hal ini karena masih banyak yang membutuhkan rumah. Terutama di Kota Bogor. Sebelum Cinnamon Hills, belum ada perumahan subsidi yang dibangun di Kota Bogor," kata CEO Elang Group, Elang Gumilang, seperti dikutip Kompas.com, Jumat (28-9-2018).

Melalui anak usahanya, PT Manakib Rezeki, Elang Group mengembangkan rumah subsidi The Cinnamon Hills pada Semester II/2018 dengan dukungan pemerintah melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Baca juga: Desain Terbaik Rumah Subsidi Karya Para Milenial, Kayak Apa Sih?

Lokasi The Cinnamon Hills strategis yakni di Mekar Wangi, Tanah Sareal, Kota Bogor. Bisa diakses melalui KRL Commuter-Line Jakarta-Bogor, Jalan Tol Jagorawi keluar di Sentul Selatan, Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), dan Jalan Raya Semplak, Bogor. Proyek hunian ini berada di dalam kawasan perumahan Bukit Mekar Wangi seluas 55 hektare yang diakuisisi Elang Group pada 2015.

Pada tahap awal pengembangan, Elang Group akan membangun Klaster Bhayangkara khusus bagi anggota Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Menurut Kapolresta Bogor Kota Kombes Ulung Sampurna Jaya, kerja sama antara Polda Jawa Barat dan Elang Group dalam penyediaan rumah bersubsidi sudah terjalin sejak lama.

"Kami sebelumnya juga berkolaborasi di Perumahan Griya Salak Endah. Tapi di wilayah Kota Bogor, ini baru yang pertama," kata Ulung, dikutip dari sumber yang sama.

Baca juga: Harga Rumah Subsidi Bakal Berubah, MBR Akan Dibagi Tiga Golongan

Berapa harganya? Rp148 juta untuk unit rumah Tipe 21/60. Uang muka atau down payment (DP) cuma 1% dan masa mencicilnya 15-20 tahun dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) dari PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. "Dengan harga tersebut dan DP ringan, serta masa tenor panjang, cicilan yang harus dibayar menjadi lebih murah yakni Rp700.000 per bulan," kata Elang.

Pada saat acara groundbreaking (peletakan batu pertama) pada Jumat (28-9-2018), sudah 100 anggota Polda Jawa Barat yang memesan rumah subsidi ini. Bakal tersedia sekitar 1.600 unit rumah subsidi. Rencananya hingga akhir Agustus 2019 mendatang Elang Group akan membangun sekitar 4.000 unit rumah.

Selain anggota Polda Jawa Barat, Aparatur Sipil Negara (ASN), dan masyarakat umum bisa membeli hunian bersubsidi ini dengan syarat penghasilan maksimal Rp4 juta per bulan. Gimana, kamu berminat?

Bagikan: 14374 kali