Rumah Ramah Lingkungan Milik Taylor Bode dan Steph Bode (Rumah123/Nomadic Root Design)

Setiap orang bermimpi memiliki hunian sendiri. Namun, tidak banyak yang memimpikan rumah yang ramah lingkungan dan dibangun sendiri.

Pasangan Taylor Bode dan Steph Bode mungkin segelintir orang itu. Mereka mencari lahan, merencanakan desain bangunan, dan membangunnya sendiri.

Baca juga: Bukti, Punya Rumah Sempit itu Menguntungkan!

Mereka sudah tinggal di rumah ini selama tiga tahun di Santa Cruz, negara bagian California, Amerika Serikat. Kawasan ini memang berada di pedesaan.

Taylor dan Steph ingin hidup dekat alam. Mereka juga ingin tinggal di rumah yang ramah lingkungan. Mereka benar-benar niat lho.

Baca juga: Wah, Pangeran Harry dan Meghan Markle Tinggal di Rumah Sempit

Saking niatnya, mereka mencari bahan material bekas. Mereka juga mengerjakan rumah ini sendiri. Rumah ini memiliki struktur yang bisa menjaga temperatur nyaman di dalam ruangan selama setahun tanpa menggunakan pendingin udara atau pemanas ruangan.

Biasanya, rumah di negara-negara Barat menggunakan pendingin udara saat musim panas dan memakai pemanas ruangan saat musim salju tiba.

Baca juga: Simsalabim, Lemari Buku Bisa Muat dalam Kamar Tidur Sempit

Bahkan, perabot dalam rumah ini juga menggunakan material bekas, daur ulang, atau mendapatkan gratis. Wow, nggak nyangka kan?

Hasilnya adalah rumah seluas 52 meter persegi. Biaya pembangunan rumah ini hanya US 10.000 (Rp140 juta). Untuk ukuran orang Amerika Serikat, biaya ini termasuk kecil lho.

Baca juga: Rumah Sempit yang Cocok Buat Bangsa Pelaut

Sebelum membangun, Taylor dan Steph belajar bagaimana membangun rumah sendiri. Kebetulan, Taylor sedang menempuh pendidikan pasca sarjana dengan gelar Master of Architecture di University of Oregon, AS.

Wow, kira-kira kamu mau mengikuti jejak Taylor Bode dan Steph Bode? Lumayan lho kalau biaya pembangunan rumah sempit hanya Rp140 juta.

Baca juga: Kayak Gimana Punya Rumah Sempit di Tengah Hutan?

Pasangan Taylor Bode dan Steph Bode Membangun Sendiri Rumah Ini (Rumah123/Nomadic Root Design)
Biaya Pembangunan Rumah Ini Hanya Rp140 Juta (Rumah123/Nomadic Root Design)
Luas Hunian Ini Hanya 52 Meter Persegi dan Cocok untuk Milenial (Rumah123/Nomadic Root Design)
Bagikan: 7094 kali