NH Architects Mendesain Rumah dengan Fasad Futuristik di Hanoi, Vietnam (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)

Rumah ini berdiri di atas lahan hanya seluas 41 meter persegi. Namun, arsitek bisa membuatnya berbeda lantaran memiliki fasad futuristik.

Designboom melansir studio arsitektur Vietnam, NH Architects merancang rumah tersebut. Rumah ini berada di Distrik Thanh Xuan yang berada di ibu kota Vietnam, Hanoi.

Kawasan ini merupakan daerah yang padat penduduk dan termasuk area kumuh. Jalan masuk ke rumah ini hanya 1,5 meter dan hanya bisa dimasuki oleh pengendara motor. Hmm, mirip banget sama perkampungan di Jakarta ya.

Baca juga: Fasad Piksel Bikin Penghuni Apartemen Punya Pemandangan 270 Derajat

Luas lahan memang terbatas, namun karena dibuat empat lantai maka luas rumah ini secara keseluruhan menjadi 150 meter persegi. Bentuk lahan sendiri memang unik karena mengecil pada bagian belakang.

Meski kecil, namun rumah ini mempunyai dua kamar tidur, kamar mandi, ruang belajar, gudang, ruang makan, ruang keluarga, dapur, ruang sembahyang, dan juga tempat mencuci.

NH Architects mendesain rumah ini menjadi hunian vertikal karena keterbatasan lahan. Untuk menyiasati agar udara dan cahaya bisa masuk, ada semacam desain yang membuat rumah seperti mengalir dari lantai bawah ke lantai paling atas.

Baca juga:  Siapa Mau Tinggal di Hunian dengan Fasad Warna Warni

Selain itu, ada plafon kaca (skylight) dan juga jendela supaya cahaya dan sinar matahari masuk. Jendela rumah didesain futuristik.

Hasilnya, fasad rumah ini seperti pesawat luar angkasa yang dikelilingi oleh kawasan sekitar yang berantakan. Eksterior yang bercat putih juga menjadi pembeda.

Untuk membuat rumah lebih terang, NH Architects mengaplikasikan warna putih pada dinding bata ekspos. Sementara pada bagian lantai dan sebagian atap memakai kayu.

Baca juga:  Hunian Lima Lantai dengan Fasad Batu Bata, Keren Banget Kan

Fasad Futuristik Membuat Hunian Empat Lantai Ini Terlihat Berbeda (Foto: Rumah123/Designboom/Hiroyuki Oki)
Bagikan: 2808 kali