Biro Arsitek China, Uchida Shanghai Mendesain Hunian dengan Luas Hanya 47 Meter Persegi (Foto: Rumah123/Designboom)

Rumah bisa saja berukuran sempit, namun lewat desain arsitektur yang baik bisa membuatnya lebih lapang dan memiliki banyak tempat penyimpanan. Pasti masih nggak percaya.

Biro arsitek asal China, Uchida Shanghai mendesain ulang sebuah rumah kecil di Shanghai, China. Hunian dua lantai ini memiliki luas 47 meter persegi.

Arsitek memiliki konsep untuk mendapatkan ruang yang lapang dan juga mempunyai ruang penyimpan yang banyak untuk para penghuni. Rasanya terdengar agak kontradiktif ya alias bertolak belakang.

Baca juga: Rumah Mungil Sekaligus Hotel Sempit

Tetapi, sebenarnya hal ini tidak susah. Hal ini bisa terjadi karena arsitek mendesain semua furnitur merupakan pesanan.

Custom furniture membuat lemari penyimpanan seperti ditanam dalam dinding. Hasilnya ruang terasa lebih lapang dan berkelas.

Meski begitu, arsitek menggunakan material yang terbilang agak jadul seperti bambu, kayu yang dilapis, dan besi. Penggunaan material ini malah membuat penghuni merasakan suasana dari Shanghai modern.

Lantai Dua Rumah Ini Merupakan Kamar Tidur dan Ruang Tatami. Meski Berada di China, Arsitek Memasukkan Budaya Jepang (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Rumah Kecil Ini Bisa Bikin Penghuninya Terbebas dari KPR dan Hutang

Hunian ini memiliki dua lantai. Lantai pertama merupakan area komunal seperti dapur, ruang makan, kamar mandi, dan ruang duduk.

Sementara pada lantai kedua, ada ruang tidur dan ruang tatami. Agak unik ya, kalau Uchida Sanghai yang berbasis di Shanghai, China malah mendesain hunian dengan pendekatan desain Jepang.

Nah, siapa bilang kalau rumah berukuran sempit, kecil, atau mungil nggak bisa didesain menjadi hunian yang lebih lapang dan punya banyak lemari penyimpanan. Ini buktinya lho.

Baca juga: Rumah Kecil Sih Udah Biasa, Gimana Kalo Rumah Kapsul

Lantai Pertama Memiliki Banyak Ruang Penyimpanan. Lantai Pertama Berisi Ruang Komunal Seperti Dapur, Ruang Makan, Ruang Duduk, dan Kamar Mandi (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 4048 kali