Biro Arsitek Vietnam, VTN Architects Mendesain Sebuah Rumah Kecil di Ho Chi Minh City. Lebar Rumah Ini Hanya 3,9 Meter (Foto: Rumah123/Designboom)

Hunian ini hanya memiliki lebar 3,9 meter, tetapi bisa didesain menjadi rumah yang nyaman, sejuk, dan adem berkat tanaman merambat. Mau tahu gimana ceritanya?

Rumah ini berada di kawasan padat penduduk di Ho Chi Minh City, Vietnam. Rumah ini berada di gang kecil. Untuk masuk ke rumah ini, penghuni harus melewati sebuah gang kecil di antara dua bangunan. Hmm, mirip dengan perkampungan padat di Jakarta ya.

Luas tanah hanya 69,5 meter persegi, kebetulan lebar bangunan hanya 3,9 meter. Sementara luas bangunan mencapai 343 meter persegi lantaran bangunan ini memiliki lima lantai.

Baca juga: Rumah di Tengah Pepohonan dan Kicauan Burung

Biro arsitek Vietnam, VTN Architects yang didirikan oleh Vo Trong Nghia mendesain rumah ini. Arsitek menamakan rumah ini sebagai “rumah yang bernafas”.

Arsitek melapisi fasad rumah ini dengan tanaman merambat. Tanaman ini dipasang pada rangka baja yang menyelimuti rumah.

“Kami ingin mendesain rumah yang memperkenalkan lingkungan eksternal sambil tetap memastikan privacy penghuni,” ujar VTN Architects kepada Designboom.

Arsitek Mengaplikasikan Warna Terang Serta Memasang Jendela Berukuran Besar Supaya Rumah Terlihat Terang (Foto: Rumah123/Designboom)

Baca juga: Desain Rumah yang Merespon Angin, Matahari, dan Pohon

Fasad alami berupa tanaman berambat ini membuat rumah tertutupi. Fasad ini menjadi filter terhadap cahaya matahari langsung, menghalangi orang melihat ke dalam rumah tanpa membuat penghuni merasa terisolasi.

Arsitek membuat sejumlah ruang terbuka di dalam rumah. Penghuni bisa memanfaatkannya untuk bersantai karena tetap nyaman berkat tanaman merambat.

VTN Architects sendiri sering mendesain hunian dengan memanfaatkan tanaman untuk membuatnya lebih sejuk. Hmm, kamu tertarik untuk mendesain hunian serupa?

Baca juga: Keberadaan Tanaman dalam Rumah Bikin Kamu Lebih Rileks, Masih Ga Percaya?

Arsitek Membuat Sejumlah Ruang Terbuka dalam Rumah. Meski Begitu, Rumah Tertutupi Tanaman Merambat yang Dipasang pada Fasad Rumah (Foto: Rumah123/Designboom)
Bagikan: 5286 kali