Biltmore, Rumah Mewah yang Dimiliki oleh Keluarga Vanderbilt (Rumah123/New York Post)

Rumah ini bernama Biltmore dan diklaim sebagai rumah pribadi paling besar di Amerika Serikat. Rumah ini memiliki luas 16.622 meter persegi, sementara luas lahan mencapai 2.512 hektare.

Saking luasnya, laman New York Post menyamakan luas rumah ini sama dengan toko swalayan Walmart. Kalau di Indonesia, yang pasti lebih luas dari Hypermart atau Carrefour.

Baca juga: Ga Hanya Jago Berakting, Will Smith Juga Jago Jual Beli Properti Lho

Lokasi rumah ini berada di Blue Ridge, negara bagian North Carolina, Amerika Serikat. Rumah empat lantai ini dibangun oleh George Washington Vanderbilt II.

Keluarga Vanderbilt pernah menjadi orang paling kaya di AS pada era 1800-an. Sekarang, rumah ini dikelola oleh cucunya William A.V. Cecil yang sudah berusia 89 tahun.

Baca juga: Ada Mobil Baru di Garasi Cristiano Ronaldo, Yuk Intip!

Rumah dibangun selama enam tahun dari 1889 hingga 1895. Arsitek Richard Morris mendesain rumah, sedangkan taman dirancang oleh desainer lanskap Frederick Law Olmsted.

Pembangunan Biltmore memakan waktu enam tahun. Kontraktor harus membangun jalan kereta sepanjang 4,8 km dengan nilai 2 juta dollar AS (Rp26 miliar).

Baca juga: Tiga Kali Turun Harga, Bintang NBA Ini Masih Untung Banyak dari Jual Properti

Bahkan, mereka juga harus membangun pabrik kayu dan pabrik batu bata dekat lokasi pembangunan. Pabrik ini bisa memproduksi 32.000 batu bata per hari! Pembangunan rumah ini melibatkan 60 ahli tukang batu dan 1.000 pekerja bangunan.

Saat itu, Biltmore memiliki teknologi canggih berupa lapangan boling pertama di rumah, mesin cuci, hingga kolam renang indoor yang dilengkapi peralatan elektronik.

Baca juga: Dalam 11 Hari, Rumah Beyonce Laku Terjual Lho!

Rumah mewah ini memiliki 250 ruangan dengan 35 kamar tidur, tiga dapur, 65 perapian, 16 cerobong asap, perpustakaan, serta penyimpanan makanan.

Salah satu fasilitas mewah di rumah ini adalah perpustakaan dua lantai dengan ukuran 12 kali 18 meter. Koleksinya berupa 10.000 buku. Perpustakaan ini memiliki lukisan The Chariot of Aurora karya maestro asal Italia Giovanni Antonio Pellegini.

Baca juga: Mau Bertetangga dengan Politisi? Kamu Mesti Beli Rumah Ini

Ruangan lainnya yang megah adalah ruangan pertemuan yang menjadi ruangan terbesar di rumah ini. Ukurannya mencapai 12 kali 21 meter. Ruangan ini memiliki tiga perapian. Sementara ruang makan bisa menampung 64 tamu.

Fasilitas lain di rumah ini adalah peternakan dan perkebunan untuk konsumsi keluarga Vanderbilt. Rumah ini memiliki lemari es besar untuk menyimpan 226 kg daging dan sayuran serta 189 liter minuman.

Baca juga: Asyik, Harga Sewa Apartemen Ini Didiskon 30 Persen Lho

Rumah ini pun memiliki jaringan listrik. Ada 288 lampu dalam rumah ini. Jangan heran juga kalau papan instalasi memiliki ukuran 1 kali 5 meter.

Selain itu, rumah ini memiliki jaringan air panas. Pemanas menggunakan kayu dan batu bara. Saat musim dingin 1900, selama dua pekan, ada 25 ton batu bara dibakar untuk memanaskan air.

Baca juga: Rumah Baru Cindy Crawfod Keren Abis, Wah Jadi Pengen Punya Juga Nih!

Wow, nggak nyangka kan kalau Biltmore jadi rumah paling canggih di jamannya. Kalau sekarang rumah apa yang paling canggih ya? Kabarnya sih rumah Bill Gates itu benar-benar smarthome alias dikendalikan komputer.

Perpustakaan di Biltmore, Rumah Mewah yang Dimiliki oleh Keluarga Vanderbilt (Rumah123/New York Post)
Bagikan:
1787 kali