Arsitek asal Jepang, Akio Nakasa Mendesain Sebuah Rumah Sempit (Rumah123/Curbed)

Punya lahan sangat terbatas, maka kamu harus membuat hunian vertikal alias rumah dua lantai. Cara ini menjadi siasat paling ampuh.

Studio arsitektur asal Jepang, Akio Nakasa mendesain sebuah rumah yang berdiri di atas lahan sangat sempit. Rumah ini berada di kawasan perumahan padat penduduk di ibu kota Jepang, Tokyo.

Baca juga: Rumah Sempit Ramah Lingkungan dari Bahan Daur Ulang

Situs properti Curbed tidak memberikan informasi mengenai luas lahan dan juga luas rumah. Namun, kalau melihat foto-fotonya bisa dibayangkan berapa sempitnya rumah ini.

Banyak arsitek yang merancang hunian sempit vertikal dengan desain keren. Rumah-rumah tersebut berada di Vietnam dan Jepang.

Baca juga: Saatnya Milenial Jatuh Cinta Kepada Rumah Sempit

Dari jalan, rumah ini seperti terjepit di antara rumah yang berada di kanan kirinya. Penghuni harus melewati jalan setapak dari batu untuk masuk ke dalam rumah. Hunian ini seperti berbentuk huruf L.

Akio Nakasa merancang desain interior yang keren agar bisa menepis kesan sempit. Hunian ini memiliki dua lantai. Pemilik tinggal di lantai dua, sementara bagian bawah disewakan.

Baca juga: Mesin Cuci Piring Khusus untuk Rumah Sempit

Hunian ini memiliki banyak jendela kaca agar cahaya alami bisa masuk ke dalamnya. Supaya terlihat lega, biro arsitektur mengaplikasikan warna putih pada dinding dan langit-langit, sementara lantai memakai parket atau lantai kayu.

Selain itu, sejumlah storage atau penyimpanan disediakan dalam bentuk built in furniture. Perabot seperti ini memang didesain untuk rumah berukuran terbatas.

Jika kamu memiliki lahan sempit seperti ini, nggak ada salahnya untuk mendesain hunian seperti ini. Mau ikutan?

Baca juga: Rumah Sempit Impian Kaum Milenial

Supaya Terlihat Lega, Arsitek Memasang Jendela dalam Jumlah Banyak dan Mengaplikasikan Kayu (Rumah123/Curbed)
 
Selain Memasang Jendela, Arsitek Juga Membuat Skylight (Rumah123/Curbed)
Hunian Sempit Bisa Terkesan Luas Lewat Penataan Desain Interior (Rumah123/Curbed)
Bagikan: 2858 kali