Rumah Ksusus (RUsus) Peneliti, Yogyakarta, Kementerian PUPR Rumah Khusus (Rusus) Peneliti di Yogyakarta. Foto: Rumah123/Kementerian PUPR

Rumah Khusus (Rusus) Wanagama kini berdiri di Yogyakarta. Letaknya dekat hutan dengan luasan 600 hektar. Meski dekat hutan, tapi bukan sembarangan hutan loh.

"Ini hutan produksi, tapi dijadikan hutan pendidikan. Di dalamnya kami bangun Rusus sebanyak 16 unit untuk tempat tinggal para peneliti supaya mereka kerasan dan fokus," tutur Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, di Yogyakarta, Sabtu (19/11), seperti dikutip  dari siaran persnya.

Baca juga: Mau Sering Liburan di Rumah Sendiri? Di Rumah Ini Saja!

Rusus tersebut terdiri atas 10 kopel, sebagian 2 unit per kopel dan sebagian 1 unit per kopel. Setiap kopelnya merupakan Tipe 45 dengan luasan 90 meter persegi. Pembangunan rusus menggunakan tahun anggaran 2016.

Dana yang digelontorkan untuk Rusus sekitar Rp3 miliar. Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian pembangunan prasarana dan sarana umum (PSU).

Baca juga: Rumah Liburan Seharga Rp250-an Juta Ini Sudah Empat Kali Naik Harga

"Selesai Desember ini, air sudah oke, listrik sudah oke semua. Setelah itu, kami serahkan pada UGM untuk dimanfaatkan. Ini kan tempat penelitian, tempat untuk diskusi agar suasananya lebih kondusif," ujar Basuki.

Di kawasan Rusus tersebut terdapat akses jembatan penghubung menuju hutan penelitian. Kala itu, jembatan terputus akibat gempa 2006 silam. Nmaun, hingga kini belum ada perbaikan.

"Untuk akses dibutuhkan jembatan, rencananya kami tawarkan jembatan gantung yang hanya bisa dilewati motor," kata Basuki lagi.  (Wit)

img-20161119-wa0009 Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau pembangunan Rusus bagi para peneliti, di Yogyakarta, Sabtu (19/11). Foto: Rumah123/Kementerian PUPR
Bagikan: 1061 kali