OK

Rumah Khusus Program Pemerintah Beranggaran Rp1,4 Triliun

19 Juli 2022 · 1 min read · by Wita Lestari

ilustrasi bangun rumah

Ilustrasi: Rumah123/iStock

Rumah khusus adalah rumah yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan khusus yakni hunian di wilayah perbatasan, daerah bencana, dan daerah pesisir. Pembangunan rumah khusus ini jadi program pemerintah. Anggaran yang dikucurkan sampai Rp1,4 triliun.

Anggaran tersebut dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), sedangkan lahannya adalah milik Pemda (Pemerintah Daerah).

“Nantinya rumah yang sudah dibangun akan dihibahkan ke Pemda, lalu Pemda menghibakan ke masyarakat penerima manfaat,” ujar Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Lukman Hakim, di Jakarta, Rabu (1/6) seperti dikutip dari Okezone.com.

Baca juga: “Simplexity”, Tema Casa Indonesia Tahun Ini

Menurutnya, pembangunan rumah khusus tidak diperbolehkan mengatasnamakan pribadi, tapi harus atas nama Pemda. Jadi, sertifikasi kepemilikannya pun atas nama Pemda.

“Karena tanahnya punya Pemda, nanti Pemda yang menyeleksi untuk menerima rumah khusus ini,” katanya.

Adapun harga rumah khusus, setara dengan rumah subsidi, yakni sekitar Rp90 sampai Rp120 jutaan. Namun, kata dia, Pemda memiliki kewenangan apakah rumah tersebut nantinya akan disewakan atau tidak kepada warga penerima manfaat.

“Satu unit rumah Rp90 jutaan itu di Banten, kalau lengkap dengan sarana prasarana bisa Rp120 jutaan, tergantung wilayah, kalau di Papua bisa tiga kali lipatnya,” kata Lukman menelengkapi informasi.


Tag: , , , , , , ,